5 Manfaat dan Khasiat Lainnya dari Sereh / Serai Untuk Kesehatan

Image result for manfaat sereh

Sereh merupakan tanaman herbal dari keluarga rumput Poaceae yang juga mempunyai nama latin Andropogon nardus. Sereh adalah jenis rumput yang tinggi berasal dari daerah tropis Asia. Tanaman sereh berbatang kasar, berumbai dengan daun tengah yang tumbuh pada tandan yang tebal. Sereh tumbuh dengan tandan dan tingginya sekitar 3 meter .

Selain dimanfaatkan untuk kuliner, serai juga memiliki beragam manfaat obat yang bersifat anti-bakteri, anti-jamur dan anti-mikroba dan dimanfaatkan di seluruh Asia Tenggara, benua Afrika dan benua Amerika.

Sebagaimana yang kita ketahui, pada bumbu masakan serai menghasilkan aroma masam seperti lemon, sehingga menambahkan cita rasa makan. Tak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur saja, ternyata terdapat aneka manfaat dan khasiat batang Serai untuk kesehatan. Oleh karena itulah, banyak orang yang mengkonsumsi batang tanaman ini dalam bentuk wedang serai atau mengolahnya terlebih dahulu sebagai minyak atsiri. Pada artikel sebelumnya telah dibahas beberapa khasiat dari serai / sereh, kali ini saya akan melanjutkan membahas manfaat lain yang terkandung dalam sereh.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kandungan kimia sereh, antara lain minyak asiri dengan komponen-komponen citroneflal, citral, geraniol, metil-heptenone, eugenol-metil eter, dipenten, eugenol, kadinen, kadinol, dan limonen. Anggota famili Poaceae itu bersifat rasa pedas dan hangat. Sereh bermanfaat sebagai antiradang, menghilangkan rasa sakit, dan melancarkan sirkulasi darah. Faedah lain untuk sakit kepala, sakit otot, ngilu sendi, batuk, nyeri lambung, diare, menstruasi tidak teratur, bengkak sehabis melahirkan, dan memar.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tanaman, untuk menyembuhkan beragam penyakit sebagai berikut.

  1. Mengatasi Nyeri Lambung dan Diare.

    Cuci bersih 15gr tanaman sereh segar dan 30gr sambiloto. Tambahkan 2 gelas air ke dalam bahan, lalu rebus hingga airnya tersisa 1 gelas. Saring, llau minum airnya selagi hangat bersama 1 sendok makan madu.

  2. Mengobati Batuk.

    Cuci bersih 6gr tanaman sereh kering, 15gr kulit jeruk mandarin (Citrus nobili Lour), dan 10gr jahe. Rebus bahan dalam 500 cc air hingga airnya tersisa 200 cc. Minum ramuan seperti minum teh.

  3. Mengobati Nyeri Sendi dan Memar.

    Minyaknya digosokkan pada bagian tubuh yang sakit.

  4. Mengatasi Pegal.

    Cuci bersih 600gr tanaman sereh termasuk akarnya. Rebus bahan dalam 3 liter air hingga mendidih. Tambahkan air secukupnya hingga air ramuan yang pangs menjadi hangat. Gunakan air yang masih hangat tersebut untuk mandi.

  5. Mengatasi Haid yang Tidak Teratur dan Bengkak Setelah Melahirkan.

    Cuci bersih 15gr tanaman sereh segar, 10gr kunyit (Curcuma domestica Va.l.), 15 gr daun dewa (Gynura segetum (Lour) Merr.), 10gr kencur (Kaempferia galanga L.), 15gr temu hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.), dan 10gr bangle (Zingiber purpureum Roxb.). Rebus bahan tersebut dalam 3 gelas air hingga airnya tersisa 1,5 gelas. Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Serai atau sereh memiliki jenis lain yaitu sereh wangi yang juga bermanfaat untuk kesehatan, baca artikelnya "Sereh Wangi - Herba Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan".

Banyaknya manfaat yang didapat dari daun serai, diharapkan dapat membantu masyarakat luas sebagai cara alternatif pengobatan dan untuk menjaga kesehatan tubuh, yang tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur semata.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo