Serai - Bumbu Dapur Yang Banyak Khasiatnya

Hasil gambar untuk daun serai

Serai yang dalam bahasa latin disebut dengan Andropogon nardus ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Serai atau sereh, sudah sangat familiar di masyarakat sebagai bahan bumbu memasak. Biasanya para ibu rumah tangga menggunakan serai atau sereh untuk memasak karena serai dapat untuk mengharumkan makanan serta sebagai penyedap rasa.

Kandungan Yang Terdapat Pada Serai

Kandungan dari daun serai yang mengandung minyak atsiri yang terdiri dari sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metilheptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, kariofilen oksida. Senyawa lain adalah geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol dan metileugenol.

Manfaat Dari Daun Serai

Manfaat yang didapat dari daun serai banyak sekali, yaitu:

  1. Mencegah Kanker.

    Daun serai memiliki kandungan citral, yang salah satunya zat anti kanker yang mampu mencegah sel kankerdengan mempertahankan sel sehat.

  2. Mengatasi Diabetes.

    Hasil teh serai mampu membantumembersihkan atau ditoksifikasi pankreas yang meningkatkan fungsinya sampai dapat menurunkan tingkat gula darah.

  3. Mengatasi Anemia.

    Daun serai memiliki kandungan zat besi yang begitu penting buat ksintetis hemoglobin (protein pada sel darah bertanggung jawab buat membawa oksigen kesemua tubuh). Serai juga bisa membantu segala macam anemia, yang paling utama yang diakibatkan dari sebuah kekurangan zat besi.

  4. Sebagai Anti Septik dan Anti Inflamasi.

    Daun serai yang bersifat anti septik dan anti inflamasi, jus serai bisa digunakan sebagai herbal yang begitu penting buat mengatasi arthritis, radang saluran kemih, dan asam urat.

  5. Menurunkan Berat Badan.

    Minum teh serai dapat membantu mencairkan lemak bersama cara detoksifikasi. efek diuretik dapat membantu untuk melancarkan BAB pada volume tinggi, cepat, serta efektif, menyebabkan penurunan berat badan.

  6. Detoksifikasi. 

    Anti-septik, anti-oksidan, dan efek diuretik dari daun serai dijadikan sebuah herbal yang sangat penting buat dimasukan pada diet ketika detoksifikasi. Proses ini sangat begitu membantu sekali buat membersihkan serta memurnikan hati, kandungan kemih, ginjal, meningkatkan sirkulasi darah, dan pankreas.

  7. Mengurangi Kolesterol.

    Daun serai mempunyai zat anti-kolesterol dan juga anti-aterosklerosis.Dalam keduanya, dapat membantu untuk mengurangi penyerapan kolesterol dari usus dan oksidasi kolesterol jahat (LDL) pada darah, sampai menangkal salah satu proses pertama pada pembentukan plak aterosklerosis.

  8. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi.

    Dalam kandungan potasium yang begitu tinggi mendorong diuresis, sampai membantu buat menurunkan serta mengatur pada tekanan darah. secara teratur minum teh serai begitu dianjurkan.

  9. Membantu Kesehatan Pencernaan.

    Manfaat dan khasiat daun serai yang begitu populer ialah buat kesehatan pencernaan, dia mengatur fungsi usus serta motilitas bersama sifat anti-mikroba yang ia punyai. Zat yang satu ini,membunuh bakteri jahat serta parasit dan juga mengembalikan bakteri yang baik pada usus, sampai membantu untuk meningkatkan masalah pencernaan semisal sembelit, gangguan pencernaan, kembung usus, diare, kejang perut, perut kembung, kram dan muntah.

  10. Membantu Meningkatkan Kinerja Sistem Saraf.

    Kandungan fosfor, magnesium, dan folat merupakan nutrisi yang dibutuhkan buat perkembangan serta fungsi sistem syaraf. Kandungan tersebutdapat membantu untuk meningkatkan konsentrasi, memori, serta kemampuan dan juga kemampuan otak buat memproses informasi.

  11. Menyembuhkan Gastritis atau Mulas.

    Satu cangkir teh serai yang hangat mampu untuk memulihkan mulas, sebab kandungan zat asam sangat berlebihansehingga dapat sebagai salah satu terapi buat mengurangi kambuhnya perut mulas maupun gastritis.

  12. Membersihkan Bakteri dan Infeksi Jamur.

    Kandungan anti-septik pada daun serai, meminum teh sereh mampu membantu menghilangkan mikro organisme jahat pada tubuh, dan menghilangkan bakteri, jamur, ragi, dan membersihkan darah.

  13. Bermanfaat Untuk Kecantikan Kulit.

    Minum teh serai dapat membantu mengurangi masalah eksim, jerawat, dan psoriasis.

Banyaknya manfaat yang didapat dari daun serai, diharapkan dapat membantu masyarakat luas sebagai cara alternatif pengobatan dan untuk menjaga kesehatan tubuh, yang tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur semata.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo