Manfaat dan Khasiat Daun Suji Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk daun suji

Manfaat daun suji umumnya digunakan sebagai bahan pewarna makanan alami. Memang hampir mirip dengan daun pandan, namun penggunaan keduanya sangat berbeda. Daun suji ialah sejenis tanaman yang tergolong dalam keluarga pandan-pandanan, sedangkan nama latinnya adalah Pleomele angustifolia. Daun suji sendiri mungkin sedikit awam di telinga banyak orang, dikarenakan merupakan daun yang langka. Tidak mudah orang menemukannya dan tidak semua tempat menjual daun suji serta tidak semua tempat bisa ditumbuhi daun suji.

Tanaman suji fungsinya tidak hanya untuk bahan pangan saja, melainkan juga digunakan tanaman hias yang bisa ditanam pada media pot. Ciri tumbuhan suji terletak pada daun dan perawakan hampir sama persis dengan pandan. Bedanya hanya pada bentuk daun yang lebih pendek serta warna yang mengkilap pada bagian atas. Tinggi pohon mencapai 1-2 meter, bunga majemuk bermahkota warna putih kekuningan.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Tumbuhan daun suji memiliki rasa yang tidak pahit, berbau harum, dan bersifat dingin. Beberapa bahan kimia yang terdapat dalam daun suji, di antaranya saponin dan flavonoid. Efek farmakologis akar daun suji, di antaranya nyeri lambung dan penawar racun, sedangkan daun untuk anti-inflamasi serta anti-disentri.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian daun, akar, dan batang dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  1. Mengobati Disentri dan Beri-Beri.

    Cuci bersih 20gr daun suji segar, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

  2. Mengobati Kencing Nanah.

    Cuci 20gr daun suji segar dengan 1 gelas air sampai airnya tersisa setengah gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  3. Mengobati Nyeri Lambung.

    Cuci bersih 20gr akar daun suji segar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  4. Mengatasi Nyeri Haid.

    Cuci bersih 20gr daun suji segar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

  5. Penawar Racun.

    Cuci bersih 20gr akar daun suji segar lalu rebus dengan 2 gelas air  sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

Nah itu tadi sekilas pengetahuan tentang daun suji serta manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh.

Salam Sehat

online istana solo