Daun Sukun

7 Manfaat Daun Sukun Kering Untuk Kesehatan

Sukun adalah salah satu jenis buah yang sering dimasak menjadi berbagai macam sajian. Salah satu hidangan yang paling popular adalah sukun goring atau sukun rebus. Buah sukun meiliki karakter yang mans, lembut, dan mengenyangkan. Tanaman sukun termasuk dalam golongan tanaman kluwih sehingga karakter pohon, batang, daun, dan buahnya hampir sama seperti tanaman kluwih. Daun sukun berbentuk lembaran besar, memiliki karakter garis yang tegas dengan warna hijau tua atau hijau muda.

Gambar terkait

Daun sukun biasa dimanfatkan dalam dunia pengobatan. biasanya, daun sukun yang sudah tua dikeringkan terlebih dahulu untuk dijadikan bahan dasar  pembuatan obat.beberapa jenis senyawa yang ditemukan dalam daun sukun memang efektif untuk mengatasi beberapa jenis penyakit. Beberapa senyawa tersebut antara lain anti inflamasi, riboflavin, asam hidrosianat, asetikolan, dan tannin. Daun sukun juga mengandung anti oksidan tinggi dan beberapa jenis mineral lainya.

Cara mengolah daun sukun kering adalah dengan mengambil beberapa lembar daun sukun tua yang masih menempel di pohonnya. Jangan mengambil daun sukun yang sudah jatuh dari pohon karena khasiatnya berbeda. Pastikan anda memilih daun sukun yang cukup tua, mulus, tidak berlubang, dan bersih. Cuci bersih daun tersebut dengan air mengalir. Bila perlu gunakan kain untuk membersihkan bagian yang kotor. Setelah bersih,ptotong menjadi beberapa bagian untuk mempercepat proses pengeringan. Keringkan dengan cara dijemur atau diangin-anginkan.  Daun sukun yang sudah kering siap diseduh dengan air mendidih seperti menyeduh teh. Ambl sekitar 15 gram atau satu genggam daun sukun untuk diseduh. Lebih baik gunakan panci dari tanah liat untuk menyeduhnya. Jika tidak ada bisa menggunakan panci dari kaca atau stainless stell. Jangan gunakan bahan alumunium untuk menyeduhnya karena air rebusan dau sukun akan barcampur dengan alumunium yang membentuk zat berbahaya bagi tubuh. Saring  ampasna setelah dingin dan minum airnya. Segera minm dalm waktu 24 jam. Manfaat dari air rebusan daun sukun ini anya bertahan selama sehari. Sehingga tidak dapat dismpan untuk besok.

Dibawah ini sejumlah manfaat yang bisa diambil dari daun sukun kering:

Mengobati penyakit ginjal

Penyakit ginjal merupakan penyakit yang sangat menakutkan. Orang yang sudah menderita penyakit ginjalharus mencuci darah secara rutin. Efek dari pengobatan ini membuat pasien tidak mau menjalani cuci darah. Namun sekarang daun sukun bisa digunakan sebagai obat yang sangat manjur. Air rebusan daun sukun bisa dimanfaatkan sebagi terapi untuk mengobati penyakit ginjal karena memiliki senyawa khusus yang mengandung efek diuretik. Pasien bisa mengonsumsi ini selama beberapa bulan secara teratur hingga dinyatakan sembuh total.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol didapat dari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan jenis lemak trans. Jenis lemak ini diperoleh dari daging hewan yang memiliki kadar lemak tinggi seperti daging sapi, lemak pada kulit daging ungas, atau minyak nabati dari kelapa sawit. Kolesterol jahat yang masuk ke dalam tubuh akan membentuk plak yang menghambat aliran darah dalam tubuh sehingga bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Daun sukun ternyata bisa digunakan sebagqai obat untuk menurnkan kolesterol. Kolesterol akan keluar daribagian darah dan menjadi sisa-sisa metabolisme yang akan keluar melalui air seni atau feses.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyebab penyakit jantung bermacam-macam. Seperti komplikasi diabetes, gagal ginjal, stroke, atau kolseterol. Metabolisme tubuh yang buruk juga bisa menyebabkan pembentukan plak dalam pembulh darah, pengerasan pembuluh darah, dan berbagai kelainan jantung lainnya. Bagian yang paling mengerikan adalah serangan jantung yang bisa terjadi kapan saja. Untuk mengatasi dan menurunkan risiko penyakit jantung bisa menggunakan terapi air the dari daun sukun. Daun sukn membuat tekanan darah dan aliran darah pada pembuluh darah menjadi lebih baik. Efek jangka panjangnya bisa membuat jantung menjadi lebih sehat.

Menangkal Pembentukan Sel Kanker

Kanker bisa disebabkan oleh berbagai hal yang terjadi dlaam tubuh manusia. Namun sebab utamanya adalah karena rusaknya sel-sel sehat dalam tubuh yang dilakukan oleh berbagai jenis radikal bebas. Hal ini mengakibatkan sel –sel sehat bermutasi menjadi sel kanker. Sel kanker bisa muncul di di organ manapun dalam tubuh dan menyebar ke organ tubuh lainnya. Untuk menurunkan risiko kanker dan menyembuhkan kanker maka rebusan daun sukun kering bisa menjadi penganti kemoterapi. Manfaat antioksidan pada daun sukun kering sangat tinggi dan bisa mengatasi masala kanker.

Mengobati Asam Urat

Asam urat bisa menebabkan tubuh menjadi lemah. Bahkan pada tingkat lanjut bisa mengakibatkan penderita mengalami radang sendi dan kelumpuhan. Penyakit ini disebabkan karena kadar asam dalm pembuluh darah terlau tinggi. Penakit yang sering dialami orang lanjut usia ini, biasanya disertai penyakit lain seperti diabetes, stroke, atau tekanan darah tingi  mengonsumsi the dari daun sukun bisa menurunkan asam urat secara berkala. Daun sukun kering memiliki efek anti inflamasi sehingga sangat baik menurunkan risiko peradangan pada sendi. Selama masa terapi, penderita dilarang untukmengonsumsi kangkng, bayam, kacang panjang yang direbus, bayam, sawi, dan makanan mengandung lemak hewan tinggi.

Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi disebabkan karena lubang pada gigi menjadi salah satu keluhan yang umum. Rasa sakit akan menyerang ketika lubang pada gigi menumpuk kuman dan bakteri.daun sukun kering berfungsi sebagai anti racun sehinga kuman dan bakteri pada lubang gigi akan mati terbunuh. Berkumur dengan air rebusan daun sukun yang dibuat seperti the akan membuat efek menenangkan untuk rasa sakit dan membuat sakit gigi tidak sering kambuh.

Anti Pendarahan

Pada jaman dahulu daun sukun kering sering menjadi obat anti pendarahan. Biasanya untuk ibu yang baru saja melahirkan. Ibu yang baru melahirkan 8-10 hari sangat disarankan meminum air rebusan daun sukun kering untuk mengurangi pendarahan dan mengatasi rasa sakit setelah melahirkan. Hal ini disebabkan senyawa kimia dalam daun sukun kering bisa melancarkan sistem peredaran darah dan mengencerkan darah yang menggumpal serta menghentikanpendarahan. Minum tiga kali sehari untuk mempercepat pemlihan kesehatan setelah melahirkan dan menghentikan pendarahan.

 

baca Selengkapnya
Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan

Sukun termasuk dalam genus artocarpus dari family moraceae yang terdiri dari 50 spesies tanaman berkayu, yang hanya tumbuh di daerah panas dan lembab di Asia Tenggara dan kawasan Pasifik.

baca Selengkapnya