Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan

Gambar terkait

Sukun termasuk dalam genus artocarpus dari family moraceae yang terdiri dari 50 spesies tanaman berkayu, yang hanya tumbuh di daerah panas dan lembab di Asia Tenggara dan kawasan Pasifik. Daun sukun mempunyai khasiat untuk kesehatan, efektif untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti liver, hepatitis, sakit gigi, gatal-gatal, pembesaran limpa, jantung, dan ginjal. Bahkan masyarakat ambon memanfaatkan kulit batangnya untuk mencairkan darah bagi wanita yang baru 8-10 hari melahirkan.  

Daun tanaman tersebut mengandung bermacam-macam zat seperti asam hidrosianat, asetilcon, tannin, riboflavin, dan zat lainnya. Zat ini dipercaya mampu mengatasi masalah peradangan.

Manfaat daun sukun antara lain:

Mengobati Asam Urat

Pilih daun sukun yang tidak berlubang, mulus, dan bersihkan menggunakan kain jika permukaan kotor. Cuci daun tersebut hingga bersih. Potong-potong menjadi beberapa bagian, lalu dikeringkan dengan cara dijemur atau diangin-anginkan. Setelah itu, siapkan 15 gram daun sukun yang telah dikeringkan, satu genggam daun greges otot (bibitungan) kemudian seduh dengan satu gelas air mendidih. Pisahkan air dan ampasnya dengan disaring. Minum airnya setelah dingin dua kali sehari. Bila rasanya kurang enak, bisa ditambahkan madu atau gula batu sebagai pemanis. Lakukan secara teratur selama 10 hari dan anda akan melihat hasilnya.

Daun Sukun Untuk Ginjal

Meminum air rebusan daun sukun disertai dengan doa kepada sang maha kuasa bisa menjadi obat herbal yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit gagal ginjal. Caranya seduh 15 gram daun sukun kering dengan segelas air panas yang baru mendidih. Gunakan periuk tanah atau panic kaca untuk menyeduhnya. Saring ampasnya dan minum airnya setelah dingin. Campurkan madu atau gula batu untuk memberi rasa manis pada air seduhan. Minum selama 10 hari. hindari mengonsumsi sayur bayam, daun singkong, daging merah, jeroan dan kangkung untuk mempercepat penyembuhan dan tidak kambuh selama masa penyembuhan. Usahakan untuk memilih daun terbaik yang segar, tidka berlubang dan bersih dari kotoran sebelum dikeringkan.

Meringankan Penyakit Jantung

Apabila anda menginginkan tubuh fit serta mampu bekerja secara maksimal, jagalah kesehatan jantung anda. Namun jika anda sudah menderita penyakit jantung, cobalah untuk mengobatinya dengan herbal daun sukun. Pilih daun yang sudah tua serta masih menempel di pohonnya. Bersihkan menggunakan air mengalir hingga benar-benar bersih dengan air mengalir, lalu jemur hingga kering. Cara pengolahannya dengan merebus daun sukun yang telah dikeringkan dengan 5 gelas air mendidih sampai air tersisa separuhnya. Tambahkan lagi air sampai mencapai 5 gelas lagi. Khasiat dari air rebusan daun sukun ini hanya bertahan sampai satu hari. jadi segera minum air tersebut dalam satu hari. jangan disimpan untuk besok karena manfaatnya sudah tidak ada bila disimpan terlalu lama.

Untuk Diabetes

Sediakan tiga lembar daun sukun berwarna hijau tua, usahakan yang masih menempel di pohon. Cuci hingga bersih dengan air mengalir, lalu keringkan dengan cara dijemur. Rebus daun sukun kering tadi dengan air mendidih menggunakan panci dari tanah liat, atau kalau tidak ada bisa diganti dengan panik stainless stell. Tunggu hingga air tersisa separuhnya. Tambahkan lagi satu liter air dan rebus kembali hingga air tersisa separuhnya lagi. Saring ampasnya dan minum air rebusannya setelah dingin. Minum secara teratur setiap hari untuk mengobati diabetes dan menurunkan kadar kolesterol.

Daun Sukun Untuk Penyakit Lever

Daun sukun juga dapat mengobati penyakit lever. Caranya dengan merebus daun sukun yang sudah tua dengan air mendidih secukupnya sampai berwarna merah tua. Usahakan untuk mencuci daun terlebih dahulu dengan air mengalir agar kotorannya hilang. Minum air rebusan tersebut setelah dingin dua kali. Minumlah pada pagi dan sore hari sebanyak satu gelas sekali minum.

Karyawan baru Istana