Manfaat Daun Ungu Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk daun ungu

Daun ungu (Graptophyllum pictrum Griff) termasuk dalam kelompok keluarga tanaman Acanthacea. Daun ungu adalah sejenis tanaman hias yang juga banyak digunakan sebagai apotik hidup. Tanaman ini mempunyai ciri khas yang bisaa dikenali dengan batang kayu yang licin dengan warna ungu kehijauan. Daun berwarna ungu agak kemerahan sedangkan bunganya majemuk dan buah kotak lonjong. Habitat hidup banyak ditemukan di area terbuka yang cukup akan paparan sinar matahari.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam tumbuhan duan ungu, di antaranya alkaloid non-toksik, glikosid, steroid, saponin, tanin, kalsium oksalat, asam formik, dan lemak. Efek farmakologis daun ungu, di antaranya peluruh kencing, mempercepat pemasakan bisul, pencahar ringan (mild laxative), dan pelembut kulit (emolient). bunga untuk haid tidak lancar, sedangkan daun untuk sembelit dan wasir.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian daun, kulit batang, dan bunga daun ungu dapat dimanfaatkan untuk mengobnati penyakit sebagai berikut :

  • Mengatasi Haid Tidak Lancar.

    Cuci bersih 1 genggam bunga daun ungu kering, seduh dengan 5 gelas air panas. Minum air seduhan beberapa kali sampai habis dalam sehari.

  • Mengobati Wasir.

    Cuci 10gr daun ungu segar, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

  • Mengatasi Sembelit.

    Cuci bersih 7 helai daun ungu segar, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

Demikianlah info manfaat daun ungu atau daun wungu yang dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Semoga bermanfaat untuk Anda dan selamat mencobanya sendiri di rumah.

Salam Sehat

online istana solo