Delima Bermanfaat Untuk Kesehatan

Gambar terkait

Delima (Punica Granatum) merupakan tanaman buah yang termasuk dalam keluarga Punicaceae. Tanaman ini berasal dari timur tengah dan dapat tumbuh pada ketinggian 1000  m dpl. Delima sering ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias sekaligus untuk dimakan buahnya.

Mungkin banyak di antara Kita yang belum mengetahui manfaat delima. Manfaat delima juga sering digunakan untuk salad pada makanan diet atau dijadikan sirup. Seperti makanan alami lainnya, manfaat delima juga melimpah karena kandungan zat baik di dalamnya. Kandungan nutrisi yang mampu diberikan oleh delima, memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Delima memiliki rasa asam, pahit, dan bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terdapat dalam delima, di antaranya saponin, polifenol, flavonoid, tanin, boorzuur dan alkaloid, misal peletirin, pseudopeletirin, iso-peletirin, serta metilpeletirin. Efek farmakologis yang dimiliki delima, di antaranya obat cacing, obat batuk, dan anti disentri.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Akar, kulit kayu, kulit akar, kulit buah, daun, buah, bunga, dan biji delima dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  •  Mengobati Cacingan, Batuk, Mencret, dan Disentri.

    Cuci bersih 10gr akar kering delima, potong kecil-kecil, lalu rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

  • Mengatasi Kegemukan (obesitas).

    Cuci bersih 2 butir daging buah delima yang masih muda lalu tumbuk halus. Seduh dengan setengah cangkir air panas, tambahkan garam secukupnya, lalu aduk rata. Saring dengan kain lalu minum sekaligus 1 kali sehari. Ulangi secara rutin setiap hari sampai diperoleh hasil yang diinginkan. Hindari makanan yang berlemak.

  • Mengobati Radang Selaput Lendir Gusi (ginggivitis).

    Cuci bersih 7 kuntum bunga delima segar, rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih. Dinginkan, saring, lalu gunakan untuk kumur-kumur.

Itulah manfaat delima untuk kesehatan yang dapat kita nikmati, selain buahnya yang bisa dimakan bagian tumbuhan lain dari tanaman delima juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan. Semoga bermanfaat untuk yang membacanya.

Salam Sehat

online istana solo