Diabetes Tidak Harus Ditakuti

Diabetes sebenarnya dapat diatasi dengan menjaga pola makan sehat dan melakukan pola hidup sehat. Yang harus dilakukan agar diabetes tidak menyerang adalah memperhatikan pola makan. Orang yang terkena diabetes masih boleh memakan makanan yang manis dalam batas wajar. Jadi tidak ada larangan bagi penderita diabetes untuk tidak boleh memakan makanan manis sama sekali. Pemicu diabetes bukan hanya makanan manis factor lain seperti obesitas, jarang berolahraga, terlalu sering mengonsumsi obat obatan dan bahan kimia dan factor keturunan juga menjadi pemicu seseorang terkena diabetes.

Apabila sudah tahu penyebabnya, sebaiknya kita cegah agar diabetes tidak menyerang kita. Namun apabila sudah terkena diabetes, hal berikut ini dapat diperhatikan:

  1. Jangan memakan makanan yang dilarang. Hindari makanan yang mengandung kadar gula dan kolestrol tinggi. Jika anda ingin memakan makanan tersebut sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu dan makanlah sewajarnya atau sesuai porsi.
  2. Jangan berhenti mengkonsumsi obat. Meski kadar gula dalam darah sudah menurun, bukan berarti anda sudah terbebas dari diabetes, karena hormon insulin anda belum tentu bisa kembali normal.
  3. Jangan makan terlalu malam. Penderita diabetes dianjurkan makan pada sore hari dan berhenti makan sebelum malam tiba. Sebaiknyaberpuasa di malam hari.
  1. Jangan berjalan tanpa alas kaki. Berjalan tanpa alas kaki menjadi berbahaya bagi penderita diabetes karena bila kaki terkena benda tajam, akan sulit disembuhkan terlebih yang sakitnya parah.
  1. Jangan berputus asa. Asal ada kemauan kuat dan kedisiplinan, diabetes pasti bisa disembuhkan. Yang terpenting adalah tetap optimis.
Karyawan baru Istana