Manfaat Madu Untuk Penderita Diabetes

Hasil gambar untuk Manfaat Madu Untuk Penderita Diabetes

Madu adalah makanan yang nyata yang telah diakses oleh manusia sepanjang sejarah evolusi dan masih dapat diperoleh dalam bentuk alami. Mungkin dalam benak hati anda, madu dapat membahayakan penderita diabetes, karena memiliki rasa manis seperti gula. Namun, penilaian seperti demikian itu salah.

Apakah Madu Diperbolehkan di Diet Diabetes?

Diabetes adalah kekurangan pankreas, dimana insulin tidak diproduksi cukup atau dimanfaatkan dengan baik. Ini pada dasarnya gangguan dari metabolisme, terutama yang dari karbohidrat. Gula dan pati yang tertelan tidak dapat digunakan, dan karenanya dieliminasi dalam urin.

Dengan kontrol yang tepat, banyak penderita diabetes dan pra-diabetes (orang dengan kadar glukosa darah yang lebih tinggi dari orang normal tetapi tidak cukup tinggi untuk dipertimbangkan diabetes) masih dapat dengan aman menikmati madu alam. Sebelum memasukkan madu ke dalam perencanaan makanan mereka, cari tahu berapa banyak cairan manis dapat dikonsumsi setiap hari.

Setiap diabetes berbeda dan harus belajar bagaimana tubuhnya bereaksi terhadap makanan yang berbeda mengandung karbohidrat. Ingatlah bahwa jumlah total pati atau karbohidrat dalam makanan adalah pertimbangan utama, bukan jumlah gula. Madu adalah makanan karbohidrat juga, seperti beras, kentang, sehingga hanya perlu diingat bahwa 1 sendok makan madu memiliki sekitar 17 gram karbohidrat, dan mengambil yang memperhitungkan ketika menghitung total asupan harian Anda dari karbohidrat, penderita diabetes dapat bekerja keluar sama seperti pemanis atau karbohidrat lainnya. Untuk memantau respon terhadap madu, kadar gula darah bisa dicatat sebelum dikonsumsi dan lagi dua jam kemudian.

Juga, ketika membeli madu komersial untuk pasien diabetes, pastikan bahwa itu adalah murni dan tidak tercemar oleh glukosa, pati, gula tebu, dan bahkan malt, yang adalah untuk lebih harus dihindari dalam diet diabetes.

Baca : Artikel Olahraga Bagi Penderita Diabetes

Manfaat Madu Untuk Penderita Diabetes

Mengingat rasanya yang manis, sehingga banyak orang yang beranggapan bahwa madu tidak baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, namun bila di lihat dari kandungan nutrisi yang dimiliki madu, ternyata madu terbukti memiliki rendah kalori yang berarti baik untuk penderita diabetes.

Namun, harus anda ketahui juga madu saat ini telah banyak yang sudah diolah dengan ditambah pengawet, pemanis buatan, dsb. Hal tersebut dapat mengurangi manfaatnya, terutama ketika digunakan sebagai pemanis untuk penderita diabetes. Untuk itu, anda diminta untuk selektif dalam membeli madu di pasaran. Dengan demikian, sangat disarankan untuk  memilih madu yang masih asli (raw honey) atau yang belum diolah, demi menghindari dampak negatif dari bahan aditif yang digunakan.

Penelitian oleh Waili dan kawan-kawan menunjukkan bahwa pada orang sehat, ternyata gula biasa (dekstose) meningkatkan kadar gula plasma 50% pada satu jam pertama dan 3% pada dua jam, sedangkan madu asli meningkatkan kadar glukosa plasma 14% pada satu jam pertama dan 10% pada dua jam. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa:

  • Madu hanya meningkatkan sedikit kadar gula darah dibandingkan gula lainnya.
  • Gula biasa dan madu buatan juga meningkatkan kadar trigliserida, sedangkan madu asli menurunkan trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).
  • Madu yang dikonsumsi selama 25 hari ternyata dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL), serta meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Pada pasien diabetes, madu asli dapat menurunkan kolesterol total, LDL dan CRP. Madu dapat dijadikan alternatif pemanis karena selain lebih baik metabolismenya juga dapat meningkatkan kadar insulin dibandingkan sukrosa.

Dari penelitian tersebut, terlihat bahwa madu asli dapat mengurangi kadar glukosa darah dan mengurangi risiko penyakit jantung pada pasien diabetes sehingga menggantikan pemanis dengan madu mentah (raw honey) memberikan banyak keuntungan.

Khasiat lain dari kandungan madu yaitu dapat mempercepat proses penyembuhan luka diabetes. Hal ini telah dibuktikan oleh seorang dokter dari Universitas Wisconsin, AS. Bukti tersebut menunjukkan bahwa madu asli dapat menjadi salah satu obat diabetes alami, khususnya dalam mengatasi luka diabetes.

Itulah ulasan singkat mengenai manfaat madu untuk penderita diabetes. Semoga artikel di atas bisa menjadi tambahan ilmu pengetahuan kesehatan kita. Semoga bermanfaat terutama bagi para penderita diabetes.

 

 Madu Diabet Kharisma

Madu Diabet Kharisma merupakan obat herbal multikhasiat yang mampu meringankan perawatan penyakit berbagai penyakit diantaranya penyakit diabetes/kencing manis. Karena Madu Diabet Kharisma terbuat dari perpaduan bahan herbal sehingga obat herbal Madu Diabet Kharisma telah menjamin keaslian dan kemurnianya.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Olahraga Bagi Penderita Diabetes

    OLAHRAGA BAGI PENDERITA DIABETES Penderita diabetes boleh berolahraga tidak yaa? Jawabannya tentu boleh. Banyak jurna...

  • Madu Diabetes

    Madu Diabetes   Penyakit Diabetes Mellitus (DM) yang juga dikenal sebagai penyakit kencing manis atau penyakit gula ...

  • Madu Diabetes An NAba'

    Madu Diabetes An NAba' Diabetes terjadi jika tubuh tidak menghasilkan insulin yang cukup untuk mempertahankan ka...

online istana solo