Olahraga Bagi Penderita Diabetes

Image result for olahraga penderita diabetes

OLAHRAGA BAGI PENDERITA DIABETES

Penderita diabetes boleh berolahraga tidak yaa? Jawabannya tentu boleh. Banyak jurnal atau penelitian yang menunjukkan manfaat berolahraga secara teratur untuk penderita diabetes. Studi menunjukkan kalau olahraga teratur (termasuk rajin berjalan kaki) bisa memperbaiki kontrol kadar gula darah. Bonus lainnya, olahraga teratur bisa menurunkan berat badan dan cegah perut buncit, plus turunkan risiko sakit jantung

Sebelum berolahraga, penderita diabetes yang membutuhkan suntikan insulin dan sudah terlanjur mengalami komplikasi penyakit, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Semua itu dilakukan untuk mencegah masalah lainnya seperti hipoglikemia atau penurunan gula darah secara drastis.

Manfaat Olahraga Untuk Penderita Diabetes

Bagi Anda yang sudah terlanjur menderita diabetes mellitus, sebaiknya jangan tunda lagi untuk rutin berolahraga. Karena dengan melakukan olahraga secara teratur, benar, dan juga terukur, maka Anda akan mendapatkan beberapa macam manfaat, seperti :

  • Membantu memperbaiki masalah kepekaaan insulin di dalam tubuh.
  • Untuk yang divonis pre-diabetes, ini bisa mencegah agar jangan sampai penyakit ini berkembang menjadi diabetes mellitus.
  • Meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  • Mengurangi kemungkinan untuk menderita penyakit jantung.
  • Membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.
  • Jika dilakukan teratur, bisa membantu mengontrol kadar glukosa.
  • Menurunkan tekanan darah sehingga potensi menderita hipertensi menjadi sangat kecil.

Walaupun olahraga mempunyai manfaat yang besar, Anda harus tetap berhati-hati dalam melakukan aktivitas olahraga. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh penderita jika ingin memulai berolahraga.

Faktor Yang Perlu Diperhatikan Penderita Diabetes Sebelum Berolahraga

Sebaiknya Anda memperhatikan beberapa faktor penting berikut :

  • Pilih dan lakukan jenis olahraga untuk penderita diabetes.
  • Jangan terlalu memaksakan diri dalam berolahraga.
  • Makanlah 2-3 jam sebelum berolahraga untuk menjaga kestabilan kadar glukosa di dalam darah.
  • Berolahragalah bersama dengan teman maupun keluarga.

Jenis Olahraga Terbaik Untuk Diabetes

Jenis olahraga terbaik untuk penderita diabetes adalah kombinasi olahraga aerobik, latihan beban dan fleksibilitas. Beberapa olahraga tersebut merupakan olahraga yang direkomendasikan untuk penderita diabetes. Kalau bisa, capailah target beraktifitas selama 150 menit per minggu.

Lahitan beban untuk penderita diabetes juga ada baiknya (jika penderita tidak mengalami komplikasi hipertensi atau komplikasi pada syaraf). Fakta dari latihan beban pada penderita adalah bisa menurunkan kadar gula lebih baik daripada yang mengontrol gula darah melalui diet.

Penderita diabetes mellitus juga bisa melakukan olahraga jogging, jalan kaki atau bersepeda pelan. Biasanya penderita diabetes sering mengalami masalah di kaki jadi tidak di anjurkan untuk olahraga renang dan bersepeda cepat. Karena tekanan kaki yang terlalu kuat apabila diabetesnya sudah parah dan luka di kaki justru akan bertambah parah. Lakukan olahraga dengan teratur tidak perlu terburu-buru.

Olahraga memang banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Tidak hanya mereka yang mempunyai tubuh sehat saja, tetapi mereka yang mengidap penyakit tertentu juga dianjurkan untuk berolahraga dengan intensitas yang tidak banyak tergantung tingkat penyakit yang di deritanya. Konsultasi dengan dokter tentang olahraga yang harus dilakukan agar tidak salah beraktivitas.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo