Ungkap Manfaat Duwet Untuk Kesehatan Tubuh

Gambar terkait

Apakah anda mengenal tumbuhan duwet? Duwet memiliki nama ilmiah Eugenia cumini. Tanaman ini awalnya tumbuh subur di kawasan Asia Selatan dan masuk ke Indonesia dari beberapa pedagang India. Penyebaran tumbuhan duwet terjadi sangat cepat karena mudah tumbuh di kawasan tropis seperti Indonesia.

Duwet memiliki bentuk buah seperti anggur dengan karakter warna ungu kehitaman. Buah pada bagian batang akan berkelompok. Ternyata sekarang tanaman duwet  terbukti bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit dan manfaat pohonnya secara keseluruhan.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Duwet memiliki rasa manis dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terdapat dalam duwet, di antaranya zat samak, tanin, minyak terbang, damar, glukosida, dan asam galat. Efek farmakologis duwet, di antaranya astringen, anti-malline, anti-cholesteremik, dan anti-diabetes.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian bunga, biji, dan kulit duwet dapat dimanfaatkan untuk mengobati bebrapa penyakit :

  • Mengobati Kencing Manis (diabetes).

    Cuci bersih 15 butir biji duwet, giling sampai halus, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Buat menjadi 3 bagian yang sama banyak lalu minum 3 kali sehari, masing-masing 1 bagian.

  • Mengatasi yang masih Mengompol.

    Cuci bersih 7 butir biji duwet lalu giling sampai halus. Rebus dengan 2 cangkir air bersama 1 sendok makan gula merah sampai tersisa 1 cangkir. Minum sekaligus setiap jam 5 sore. Ulangi secara rutin sampai sembuh.

  • Mengobati Mencret karena Udara Dingin dan Masuk Angin.

    Cuci bersih 1 jari kulit dahan duwet lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus saat hangat 1 gelaas sehari.

Itulah, manfaat tanaman duwet untuk kesehatan yang perlu diketahui. semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang tanaman herbal. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat akan berdampak juga kepada tubuh yang sehat.

Salam Sehat

Artikel Terkait

online istana solo