Kenali Tanaman Ekor Kucing! Bermanfaat Bagi Kesehatan

Hasil gambar untuk tanaman ekor kucing

Nama ilmiah dari tanaman ekor kucing adalah Acalypha hispida Burm. F. dan tergolong Euphorbiaceae. Tanaman ini berasal dari Hindia Barat. Biasanya tanaman ini ditanam sebagai tanaman hias.

Tanaman ekor kucing berdiri dengan tgak karena memiliki batang bulat, percabangan simpol dan permukaan kasar, bunganya cokelat kehijauan. Tanaman ini mempunyai daun tunggal dengan tangkai panjang yang agak berseling, daunnya lonjong dengan pangkal yang tumpul dan ujung yang runcing sedangkan bagian tepi bergerigi.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Dalam farmakologi Cina, tumbuhan ekor kucing memiliki rasa manis, bersiofat sejuk, dan kelat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam tumbuhan ekor kucing, di antaranya acalyphin, flavonoid, saponin, dan tanin. Efek farmakologis ekor kucing, di antaranya menghentikan pendarahan penutup luka, dan meluruhkan air seni.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bunga dan daun ekor kucing dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut :

  • Mengobati Cacingan, Disentri, dan Radang Usus.

    Cuci bersih 10-30gr bunga ekor kucinglalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus 1 gelas sehari.

  • Mengobati Kusta.

    Cuci bersih daun ekor kucing secukupnya, tambahkan kencur sebanyak separuh dari jumlah daun, lalu tumbuk halus sampai menyerupai bubur. Oleskan merata pada bagian yang terkena kusta. Lakukan secara rutin 2 kali sehari.

  • Mengatasi Kulit yang Kehilangang Pigmen (vertiligo).

    Cuci bersih 7 helai daun segar dan setengah ibu jari lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit air sehingga membentuk adonan, aduk sampai rata. Borehkan pada bagian kulit yang kehilangan pigmen lalu balut dengan kain atau perban. Lakukan 2 kali sehari.

  • Menutup Luka Berdarah.

    Cuci bersih 7 helai daun segar, tumbuk sampai halus, lalu tambahkan sedikit air sehingga membentuk adonan. Tempelkan pada luka berdarah lalu balut dengan kain atau perban.

  • Mengobati Muntah Darah.

    Cuci bersih 30 gr bunga mentah ekor kucing, 30 gr gula enau, lalu tumbuk sampai halus. Makan hasil tumbukan sekaligus habis. Lakukan 3 kali sehari.

Nah itulah sekilas pengenalan tentang tanaman ekor kucing serta manfaatnya untuk kesehatan. Semoga infonya bermanfaat.

Salam Sehat

online istana solo