Sumber Makanan Yang Mengandung Fosfor

Image result for fosfor

Apa Itu Fosfor?

Fosfor dikenal termasuk dalam jenis mineral yang bisa berpendar karena adanya proses fosforesesns di mana pendaran akan terjadi meski tanpa sumber pengeksitasinya sebab sudah disingkirkan. Jenis senyawa logam transisi ini juga diketahui sebagai senyawa tanah langka. Guna dari fosfor yang kerap kita ketahui adalah pada lampu pendar maupun tabung sinar katode atau CRT walau memang fosfor juga dapat dijumpai pada sejumlah macam mainan dengan konsep glow in the dark.

Fosfor pada tubuh merupakan zat yang juga mempunyai berbagai kegunaan yang mendukung fungsi tubuh berjalan maksimal. Fosfor merupakan mineral berguna bagi pertumbuhan gigi serta tulang manusia di mana fosfor pun mendukung metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak beserta pengalihan energi. Fosfor memiliki tugas penting dalam pengangkutan zat-zat gizi ke aliran darah kita dalam bentuk fosfat.

Kebutuhan Fosfor Harian

Fosfor dalam tubuh manusia sangat vital bersama dengan nutrisi vitamin dan mineral lainnya. Dengan memenuhi kebutuhan harian secara normal dan baik, maka dijamin tubuh pun akan terjauh dari penyakit. Berikut bisa dilihat di bawah ini tentang kebutuhan fosfor yang benar menurut usia dan jenis kelamin kita.

  • Bayi usia 0-6 bulan membutuhkan 100 mg.
  • Bayi usia 7-11 bulan membutuhkan 250 mg.
  • Anak usia 1-9 tahun membutuhkan 500 mg.
  • Laki-laki usia 10-18 tahun membutuhkan 1200 mg.
  • Laki-laki usia 19-80 tahun ke atas membutuhkan 700 mg.
  • Perempuan usia 10-18 tahun membutuhkan 1200 mg.
  • Perempuan usia 19-80 tahun ke atas membutuhkan 700 mg.
  • Perempuan hamil usia 18 tahun ke bawah membutuhkan 250 mg.
  • Perempuan hamil usia 19 tahun ke atas membutuhkan 700 mg.

Sumber makanan Mengandung Fosfor

Untuk seseorang dengan masalah kelebihan fosfor, sumber makanan di bawah ini wajib dihindari atau setidaknya dibatasi; sedangkan bagi yang memiliki masalah kekurangan fosfor, makanan-makanan ini dapat menjadi referensi untuk dikonsumsi segera. Jadi, inilah sejumlah makanan dengan kandungan fosfor untuk dipertimbangkan.

  1. Kalkun.

    Memang sumber makanan satu ini dikenal akan kandungan zat besinya yang tinggi, tapi sebenarnya daging kalkun juga memiliki kandungan fosfor yang banyak sehingga kebutuhan mineral tubuh kita bisa terpenuhi secara baik.

  2. Bawang Putih.

    Bumbu dapur ini memang terkenal baik untuk kesehatan meski ada jugabahaya bawang putih mentah apabila terlalu berlebihan dikonsumsi. Terlepas dari adanya efek samping bawang putih, kandungan fosfor di dalamnya cukupn tinggi berikut antioksidan sehingga akan sangat bagus dikonsumsi demi menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Dengan konsumsi bawang putih, kekuatan gigi dan tulang juga akan meningkat.

  3. Jagung. Image result for jagung

    Sumber makanan satu ini juga dapat dimasukkan ke menu harian atau bahkan sebagai pengganti nasi putih karena bukan hanya fosfor yang ada di dalamnya, melainkan juga karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh. Selain fosfor, ada juga mineral kalium dan keduanya akan bekerja sama dalam menjaga kestabilan dari denyut jantung kita serta tingkat cairan pada tubuh.

  4. Brokoli.

    Jenis sayuran yang biasanya dibenci anak-anak ini rupanya menawarkan berbagai nutrisi baik untuk tubuh manusia, mulai dari kandungan antioksidan, mineral fosfor, protein nabati dan vitamin; masih ada lagi mineral lainnya yang dapat membantu menjalankan fungsi tubuh. Untuk hidup sehat, jangan ragu untuk mengonsumsi sayuran satu ini karena dijamin asupan fosfor terpenuhi dan penyerapan zat besi pun akan lancar.

  5. Telur. Related image

    Fosfor yang tinggi juga dapat dijumpai pada telur dan tak hanya fosfor, ada juga mineral kalsium dan selenium yang akan membantu melengkapi tubuh dengan nutrisi lengkap. Untuk diet yang sehat dan seimbang, kesemuanya ini sangat bermanfaat sehingga jangan sampai diabaikan.

  6. Nasi. Image result for nasi

    Bagi yang kekurangan fosfor, makanlah nasi dengan jumlah porsi lebih banyak, tapi bagi yang mengalami kelebihan fosfor sangat perlu membatasi porsi nasi. Selain fosfornya yang sangat kaya, magnesium, kalium dan zinc juga ada di dalam nasi. Nasi adalah makanan pokok menawarkan manfaat baik, seperti mendukung kelancaran proses saluran pencernaan, membantu menunda penuaan dini, serta yang paling utama adalah memberikan energi bagi setiap kita.

  7. Oatmeal.

    Biasanya hanya penderita jantung yang akan secara rutin mengonsumsi makanan satu ini, padahal kandungan nutrisi di dalam oatmeal tak hanya diperuntukkan bagi yang menderita penyakit jantung. Kandungan fosfor beserta kalium dan zat besi cukup tinggi di dalam oatmeal sehingga tubuh dapat merasakan banyak manfaat baik.

Masih banyak lagi sumber makanan yang mengandung fosfor. Mungkin lain waktu saya akan melanjutkan ulasan sumber makanan lainnya yang mengandung fosfor. Lengkapi kandungan fosfor dalam tubuh Anda agar fungsi tubuh dapat berjalan dengan maksimal. Dan konsumsi makanan bergizi lainnya agar dapat hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo