Gadung

Mengenal Tumbuhan Gadung dan Manfaatnya

Gambar terkait

Ada yang sudah mengenal tumbuhan gadung? Tumbuhan gadung adalah termasuk tanaman umbi-umbian yang cukup populer walaupun kurang mendapat perhatian. Gadung menghasilkan umbiyang dapat dimakan, namun mengandung racun yang dapat mengakibatkan pusing dan muntah apabila kurang benar pengolahannya. Biasanya gadung di olah menjadi bentuk keripik. Gadung yang memiliki nama ilmiah Dioscorea hispida Dennst ini masih termasuk dalam klasifikasi kerajaan plantae.

Ciri-ciri tumbuhan gadung ini adalah pohonnya tumbuh merambat dan melilit pada pohon didekatnya. Daunnya majemuk hijau, lebar berjari hampir sama dengan sirih, kelopak bunga berwarna kuning, serta bentuk ubi yang menyerupai sobek.

Meski gadung mempunyai kandungan racun didalamnya, khasiat dan manfaat yang bisa didapat untuk mengobati berbagai macam penyakit sangat besar. Gadung bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit karena di dalamnya terdapat kandungan kimia yang baik untuk penyembuhan.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Sifat dari gadung belum banyak diketahui. Beberapa bahan kimia yang terdapat dalam gadung, di antaranya alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, dan dioscorin (C13H19NO2). perlu diketahui bahwa dioscorine pada umbi merupakan racun yang menyebabkan kejang. Oleh karena itu, penggunaan umbi memerlukan penanganan khusus, seperti merendam umbi dalam air mengalir selama beberapa hari. Cara lainnya adalah memasaknya, misalnya direbus dengan banyak air di atas nyala api sedang dan dalam waktu yang lama. Efek farmakologis gadung, di antaranya penurun panas, anti-rematik, peluruh kencing, pengencer dahak, dan menghilangkan nyeri haid.

Bagian yang Diguanakan dan pemanfaatannya

Umbi gadung dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut :

  • Mengoabti Sakit Kencing Manis (Diabetes mellitus).

    Cuci bersih 15gr umbi gadung segar dan 30gr biji avokad. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan sekaligus saat hangat 1 gelas sehari.

  • Mengobati Kusta.

    Cuci bersih 15gr umbi gadung, 5gr buah cabe jawa, 5gr biji lada, kelapa parut, dan gula merah secukupnya. Rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih, dinginkan, lalu saring.minum air rebusannya sekaligus saat hangat 1 gelas sehari dan balurkan ampasnya ke bagian kusta.

  • Mengatasi Nyeri Haid.

    Cuci bersih 10gr umbi gadung segar dan 20gr temulawak. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan sekaligus saat hangat 1 gelas sehari.

  • Mengobati Rematik.

    Cuci bersih 15gr umbi gadung segar dan 15gr jahe merah. Rebus bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Minum air rebusan 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

>Itulah pengenalan tentang tumbuhan gadung yang ternayata juga bermanfaat untuk kesehatan selain sebagai makanan ringan. Sekali saya ingatkan gunakan gadung ini dengan baik agar tidak berbahaya saat dikonsumsi. Semoga artikel kesehatan ini bermanfaat.

Salam Sehat

baca Selengkapnya