Tanaman Gambir Bermanfaat Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk tanaman gambir

Tanaman gambir dikenal dengan nama biologi Uncaria gambir Robx. Sejak jaman dahulu pemakaian tanaman gambir banyak digunakan sebagai tanaman tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Tanaman ini bisa tumbuh subur dan merambat dengan bentuk cabang yang lebih panjang. Semua bagian tanaman memiliki duri dengan daun yang berbentuk oval agak bulat. Ujung setiap daun meruncing seperti tanaman suruh. Tangkai daun sangat pendek sehingga tanaman gambir terlihat sangat lebat. Bunga tanaman kelihatan sangat indah dengan warna mahkota bunga pink. Buah gambir ada dibagian dalam dengan banyak biji.

Tanaman gambir dikenal sebagai tanaman untuk menyirih. Aktivitas menyirih memang sangat populer di Indonesia terutama semenjak ratusan tahun yang lalu. Bahkan beberapa daerah di Indonesia masih menggunakan gambir untuk menyirih hingga saat ini. Kegunaan yang lebih penting adalah sebagai bahan penyamak kulit dan pewarna.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Gambir memiliki rasa pahit, tetapi semakin lama berubah menjadi manis. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam gambir, di antaranya zat samak dan asam katekutanat. Efek farmakologis yang dimiliki oleh gambir, di antaranya astringen, pencahar batuk, sakit kuning, dan anti-diare.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun dan getah gambir dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut. Gambir dijual dipasaran dalam bentuk kotak, agak keras, dan berwarna putih.

  • Sebagai Campuran Makan Sirih.

    Rebus daun gambir, campur dengan dedak halus secukupnnya, bentuk kecil-kecil seperti kue,lalu jemur. Daun gambir ini digunakan untuk campuran makan sirih.

  • Mengobati Diare pada Anak.

    Cuci bersih 2 potong gambir di dalam segelas air dan 5 cm rimpang kunit, lalu iris tipis-tipis kedua bahan tadi. Rebus semua bahan dengan 1 gelas air sampai tersisa setengah gelas. Untuk anak-anak berumur 4-5 bulan, berikan 2 sendok teh/hari, dan untuk anak-anak berumur 9 bulan, berikan sebanyak 3 sendok teh/hari. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

  • Mengobati Serak, Sakit Pangkal Tenggorokan, dan Skait Gusi.

    Cuci 1 potong gambir, rebus dengan 1 gelas air sampai tersisa setengah gelas. Gunakan air rebusannya untuk berkumur dan telan sedikit saja. 

Gambir memang terbukti bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Semua bukti mengenai manfaat gambir hanya berdasarkan pengalaman dari beberapa hasil pemakaian. Hanya sedikit manfaat gambir yang sudah pernah diuji. Jadi, hingga saat ini belum ada efek samping yang ditemukan dari pemakaian gambir.

Salam Sehat

online istana solo