Manfaat Tanaman Gandarusa Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk tanaman gandarusa

Gandarusa merupakan famili dari tumbuhan Acanthaceae serta memiliki nama latin Justicia gendarusa Burm. F. Gandarusa banyak tersebar di Indonesia. Gandarusa sudah banyak dimanfaatkan untuk kesehatan. Hal itu sudah teruji dan dibuktikan. Jika kita tahu bagaimana cara memanfaatkannya dengan baik, kita bisa menjadikan tanaman ini sebagai tanaman herbal alami. Tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai obat luar maupun dalam tergantung jenis penyakit dan cara memanfaatkannya.

Tanaman gandarusa ini biasanya tumbuh liar di hutan, tanggul sungai atau dipelihara sebagai tanaman pagar atau tanaman obat. Tanaman ini bisa tumbuh pada ketinggian 1-500 meter di atas permukaan laut. Ciri tanaman ini populer yang berbatang cokelat kehitaman, namun juga ada yang berbatang hijau. Daunnya dapat digunakan untuk membunuh serangga. Daun gandarusa rasanya pedas, sedikit asam, rasanya netral, sedangkan kulit kayunya berkhasiat sebagai perangsang muntah.

Kandungan Kimia dan Efek farmakologi

Gandarusa memiliki rasa pedas, sedikit asam, dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam gandarusa, di antaranya justicin, minyak asiri, kalium, dan alkaloid yang sedikit beracun. Efek farmakologis gandarusa di antaranya memperlancar peredaran darah dan anti-rematik.

Bagian yang Diguanakan dan Pemanfaatannya

Daun gandarusa, baik segar maupun kering, dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut :

  • Mengobati Bisul dan Patah Tulang.

    Cuci bersih 50 helai daun gandarusa segar atau 30 helai daun gandarusa kering lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 seloki arak dan 2 sendok makan cuka, aduk sehingga menjadi adonan kental. Balurkan adonan dibagian bisul atau tulang yang patah. Lakukan 2 kali sehari dengan cara yang sama.

  • Mengobati Memar dan Keseleo.

    Cuci bersih 30gr daun gandarusa segar atau 15gr daun kering lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

  • Mengobati Rematik.

    Cuci bersih 40gr daun gandarusa segar atau 20gr daun kering lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Kontra indikasi : wanita hamil dilarang minum ramuan gandarusa.

Salam Sehat

online istana solo