Gandasuli Berkhasiat Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk tanaman gandasuli

Gandasuli tidak sekedar bunga hias yang memiliki aroma harum dan bentuk yang cantik. Selama ini banyak orang memeliharanya sebagai tanaman hias, dengan menaruhnya di pot-pot indah atau halaman rumah. Namun, tahukah anda bahwa bunga gandasuli berkontribusi di dunia kesehatan dan kecantikan? Manfaat bunga ini untuk pengobatan penyakit, disebabkan adanya zat penting di dalamnya. 

Bunga gandasuli berbau wangi, apalagi saat malam hari. Nama ilmiah untuk tanaman ini adalah Hedychium coronarium, tergolong ke dalam keluarga Zingiberaceae. Orang Jawa menyebutnya dengan kembang laras, dalam bahasa Inggris disebut ginger lily.

Tumbuhan yang berasal dari India ini dapat tumbuh subur di tanah lembab, seperti pinggir sungai atau kolam. Tinggi pohonnya dapat mencapai 2 meter, dengan daun yang panjang dan ujungnya memiliki rumbai. Bunganya berwarna kuning muda atau putih. Penduduk Maluku menggunakan air batang gandasuli untuk obat amandel dan bengkak di leher dengan mengoleskan air itu pada leher yang bengkak. Batang gandasuli yang lembek dapat di jadikan bahan kertas yang baik, karena dapat menghisap tinta tetapi minyak tidak dapat menembus kertas itu.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Gandasuli memiliki rasa yang pahit dan bersifat hangat. Bebrapa bahan kimia yang terkandung dalam gandasuli, di antaranya glukosa, albumen, resin, resinous acid, selulosa, dan asam organik. Efek farmakologis gandasuli, di antaranya peluruh keringat (diaforetik) dan menambah nafsu makan (stomakik).

Bagian yang Digunakan dan pemanfaatannya

Bunga dan rimpang gandasuli dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut :

  • Mengobati Demam Nifas.

    Cuci bersih 1 kuntum bunga gandasuli, 30gr daun srigading (Nyctantes arbortritis Linn.), dan 30gr daun iler. Rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  • Mengobati Rematik.

    Cuci 15gr rimpang gandasuli, 15gr seluruh tumbuhan jukut pendul kering. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Ssaring air rebusannya lalu minum sekaligus saat hangat 1 gelas sehari.

  • Mengobati Sakit Kepala, Pilek, dan Influenza.

    Cuci bersih 15gr rimpang gandasuli, 10gr seluruh bagian tumbuhan, tanpa akar, jukut pendul kering (Kyllinga brevifolia Rottb.), dan 10gr jahe. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

  • Mengatasi Saluran Pencernaan Terganggu.

    Cuci bersih 10gr buah gandasuli lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Dinginkan, saring, lalu buat menjadi 2 bagian yang sama banyak. Minum 2 kali sehari masing-masing 1 bagian.

  • Mengatasi Masalah Terlambat Haid (amenorrhea).

    Cuci bersih 1 kuntum bunga gandasuli, 15gr daun iler (Coleus artropurpureus Benth.), 20gr kunyit (Curcuma longa L.), 15gr tumbuhan brojolintang (Belamcanda chinensis (L). DC.), setengah sendok teh buah adas, dan 1 jari pulasari (Alyxia reinwardtii Bl.). potong kecil-kecil semua bahan lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Tambahkan gula enau secukupnya, saring, lalu dinginkan. Minum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Catatan :

Setiap pengobatan dilakukan secara teratur. Untuk penyakit yang serius disarankan untuk tetap berkonsultasi pada dokter.

Salam Sehat

online istana solo