Apa Penyebab Kram Perut?

Hasil gambar untuk Apa Penyebab Kram Perut?

Kram perut merupakan kondisi menyakitkan yang disebabkan oleh kontraksi dari otot-otot di dalam dan sekitar perut. Rasa sakit bisa akut, tiba-tiba, kronis dan bertahap. Meskipun sebagian besar masalah kesehatan ini disebabkan oleh penyakit ringan, namun kram perut yang parah kadang-kadang bisa menjadi tanda kondisi yang lebih serius. Rasa ketidaknyamanan perut ringan sampai sedang umumnya merupakan gejala dari masalah pencernaan atau menstruasi pada wanita, tapi rasa sakit yang lebih parah bisa disebabkan oleh adanya kanker, peradangan organ dalam, atau gangguan yang berhubungan dengan kehamilan.

Penyebab Kram Perut

Ada beberapa factor yang menyebabkan terjadinya kram perut, berikut diantaranya:

  • Kondisi Pencernaan.

    Banyak kasus kram perut yang disebabkan oleh hal-hal umum seperti diare, keracunan makanan, sembelit, intoleransi laktosa, atau gas yang berlebihan. Masalah yang lebih serius pada sistem pencernaan seperti misalnya Irritable Bowel Syndrome ( IBS ), ulkus, penyakit divertikular, sembelit, atau hernia  juga bisa menyebabkan kram . Peradangan pankreas, penyakit Crohn, dan kolitis ulserativa seringkali juga  menyebabkan ketidaknyamanan pada perut.

  • Sakit Rujukan.

    Orang-orang kadang  mengalami kram perut karena masalah pada organ-organ yang berada di dekat rongga perut. Hal ini dikenal sebagai sakit rujukan, karena ketidaknyamanan ini ditranfer ke perut dari daerah tubuh lain. Beberapa penyebab umum rasa nyeri ini termasuk batu ginjal, penyakit kandung empedu, dan infeksi saluran kemih. Orang juga bisa mendapatkan nyeri karena kondisi di dada, seperti penyakit jantung atau pneumonia.

  • Gangguan Spesifik Pada Wanita.

    Wanita mungkin mengalami kram perut karena suatu kondisi yang mempengaruhi ovarium dan uterus . Kram menstruasi adalah salah satu penyebab yang paling umum dari sakit perut pada kaum wanita, akan tetapi gangguan lain juga bisa menyebabkan sensasi serupa. Hal ini termasuk endometriosis, suatu kondisi di mana sel-sel dari rahim mulai tumbuh di bagian lain dari tubuh, serta fibroid rahim, yang merupakan tumor jinak pada dinding rahim. Beberapa wanita juga mengalami rasa sakit dari kista ovarium, yang merupakan kantung kecil cairan yang umumnya jinak, tetapi bisa menyebabkan rasa sakit jika sudah terlalu besar. Wanita hamil umumnya rentan terhadap gas dan masalah sembelit, yang membuat mereka sering mengalami kram, tetapi mereka juga bisa mengalami rasa sakit seperti ligamen perut yang meregang untuk mengakomodasi bayi. Sebagian besar kram perut selama kehamilan adalah tidak perlu dikhawatirkan, tapi rasa sakit yang tajam dan pendarahan bisa menjadi tanda kehamilan ektopik, keguguran, atau kontraksi. Preeklamsia dan solusio plasenta juga bisa  menyebabkan sakit perut yang parah. Setiap situasi di mana seorang wanita tiba-tiba mengalami sakit perut yang berkepanjangan, terutama disertai dengan sakit kepala, mual, atau pendarahan, harus segera ditangani oleh seorang profesional medis.

  • Peradangan.

    Organ pada bagian dalam perut yang dapat mengalami peradangan yakni lambung dan usus. Untuk pasien peradangan akut, kram perut akan sering dialami. Kondisi ini diakibatkan karena lambung meradang dan luka. Juga ketika bagian usus mengalami peradangan.

  • Penyakit Celiac.

    Penyakit ini adalah penyakit ketika organ perut tak dapat menerima makanan dengan kandungan gluten yang tinggi. Makanan ini dapat berasal dari biji-bijian dan gandum. Penyakit ini apabila tak segera diberikan pengobatan dapat membuat usus mengalami kerusakan yang tak terhindarkan.

  • Penyebab Lain Kram Perut.

    Kram perut juga bisa disebabkan oleh masalah dalam sistem tubuh selain saluran pencernaan dan organ ginekologi termasuk:

  1. Trauma abdomen
  2. Aneurisma aorta abdominal
  3. Tumor abdomen, massa atau abses (kumpulan nanah yang disebabkan oleh infeksi)
  4. Gagal jantung kongestif akut
  5. Peritonitis (infeksi pada lapisan perut bagian dalam)
  6. Infeksi kandung kemih
  7. Penyakit ginjal (termasuk batu ginjal dan gagal ginjal)
  8. Efek samping obat-obatan ((seperti obat-obat kemoterapi, antibiotik, dan natrium fosfat)
  9. Akibat olahraga berlebihan
  10. Stress, kecemasan atau ketakutan
  11. Eksposur zat beracun (konsumsi bahan kimia beracun atau tanaman beracun, atau gigitan serangga beracun)

Sekian artikel mengenai Apa Penyebab Kram Perut? Semoga bermanfaat menambah wawasan Anda. Diharapkan Anda segera memeriksakan ke dokter apabila gejala kram perut sudah sering dialami dan sering menyiksa.

 

HIU Gastro

HIU Gastro berkhasiat mengobati sakit maag, sakit perut, nyeri lambung, kembung mulas, mual, kejang perut, masuk angin, mengatasi gangguan pencernaan, membantu memelihara fungsi pencernaan.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo