Rabun Dekat

Image result for rabun dekat

Hipermetropi atau Hiperopia atau rabun dekat adalah kelainan refraksi mata di mana bayangan dari sinar yang masuk ke mata jatuh di belakang retina. Hal ini dapat disebabkan karena bola mata yang terlalu pendek atau kelengkungan kornea yang kurang. Penderita kelainan mata ini tidak dapat membaca pada jarak yang normal (30 cm) dan harus menjauhkan bahan bacaannya untuk dapat membaca secara jelas. Penderita juga akan sulit untuk melakukan kegiatan yang membutuhkan ketelitian tinggi. Perbaikan penglihatan dapat dilakukan dengan memakai kacamata dengan lensa sferis positif (cembung).

Untuk dapat memahami hipermetropi, maka kita harus mengerti terlebih dahulu bagaimana mata bekerja. Ada dua bagian dari mata yang bertanggung jawab untuk memfokuskan cahaya yang masuk: kornea dan lensa. Kornea adalah permukaan mata yang berada paling depan dan berwarna jernih. Lensa adalah struktur di dalam mata yang dapat berubah bentuk (cembung-cekung) agar bisa fokus terhadap penglihatan jauh dan dekat.

Pada kondisi normal, lengkungan kornea, elastisitas lensa serta panjang bola mata berada dalam kombinasi yang pas sehingga cahaya yang masuk bisa difokuskan ke retina mata. Namun, apabila kornea terlalu datar, lensa tidak elastis, ataupun bola mata yang terlalu panjang sehingga membentuk kombinasi yang tidak pas, maka mata tidak bisa memfokuskan cahaya dengan benar sehingga penglihatan menjadi kabur. Pada hipermetropi cahaya yang masuk di fokuskan ke belakang retina, hal ini bisa terjadi apabila kornea terlalu datar, bola mata terlalu pendek, atau lensa yang tidak bisa mencembung (tidak elastis, khususnya pada presbiopi).

Gejala dan Penyebab Hipermetropi

salah satu penyebab rabun dekat atau hipermtopia adalah kornea datar, ini merupakan penyebab tersering. Rabun dekat juga bisa terjadi jika bola mata lebih pendek dari normal. Kondisi-kondisi ini menyebabkan cahaya yang masuk difokuskan di belakang retina mata, padahal normalnya cahaya harus difokuskan di permukaan retina.

Seseorang lebih mungkin memiliki rabun dekat jika orang tuanya juga mengalaminya. Kadang-kadang banyak yang bingung apa perbedaan hipermetropi dengan presbiopi, yang sama-sama menyebabkan rabun dekat. Pada hipermetropia kelainan ini umumnya ada sejak lahir dan akan membaik saat dewasa ketika bola mata tumbuh memanjang. Sedangkan pada presbiopi, rabun dekat terjadi akibat proses penuaan.

Beberapa gejala hipermetropi yang disebabkan oleh kelelahan mata tambahan ini antara lain:

  • Ketegangan
  • Kelelahan
  • Penglihatan kabur saat melihat dekat
  • Menyipitkan mata agar bisa melihat lebih jelas
  • Sensasi sakit terbakar di sekitar mata
  • Sakit kepala setelah membaca atau tugas-tugas lain yang mengharuskan untuk fokus pada objek yang dekat

Pengobatan Rabun Dekat

Mata anak muda sering dapat mengkompensasi rabun dekat karena lensa matanya masih fleksibel untuk berusaha menfokuskan cahaya, namun tergantung dengan keparahan hipermetropi. Di sisi lain, penuaan mata, memerlukan kacamata untuk bisa melakukan tugas-tugas penglihatan dekat seperti membaca atau menjahit.
Cara paling mudah untuk mengoreksi rabun dekat adalah untuk mendapatkan resep kacamata atau lensa kontak. Lensa korektif yang digunakan bertujuan untuk mengubah cahaya yang masuk agar bisa fokus pada permukaan retina. Oleh sebab itu digunakan lensa cembung atau konveks, atau bisa kita sebut sebagai kacamata plus.
Hal lain yang perlu diperhatikan agar hipermetropi tidak  semakin memburuk adalah dengan cara memberi penerangan yang cukup saat membaca atau bekerja dengan melihat objek-objek yang dekat, serta teratur dalam berisitirahat setelah sekian jam membaca atau bekerja.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Makanan-Makanan Terbaik Untuk Mata

    Sebagai salah satu panca indera, mata sangat penting bagi kita, karena melalui mata kita bisa melihat. Sayangnya, kes...

  • Informasi Kesehatan Mata

      Ada bermacam-macam penyakit mata, antara lain kita bahas disini dengan tujuan agar kita mengetahui dan bisa lebih h...

  • Penyebab Mata Merah

    Mata merah adalah gejala penyakit akibat peradangan atau infeksi lapisan transparan yang terletak di bagian dalam kel...

online istana solo