Waspadai Bahaya Mengucek Mata Dengan Tangan

Image result for mengucek mata

Bahaya mengucek mata dengan tangan harus kita sadari karena dapat menimbulkan penyakit & kelainan pada mata bahkan kebutaan. Mengucek mata merupakan kegiatan yang pasti semua orang pernah melakukannya. Kita mungkin melakukan hal tersebut saat terjadi kelilipan, saat mata teras perih, kering, gatal, saat bangun tidur, saat sedang merasa cemas, stress, dan lain sebagainya. Ketika menggosok / mengucek mata, kegiatan tersebut dapat merangsang air mata untuk  mengalir dan melumasi mata yang kering, menghilangkan debu dan iritasi lainnya.

Mulai sekarang, sebaiknya anda harus berhenti melakukan kebiasaan kecil tersebut, karena bisa memberi efek yang cukup buruk. Ya, walaupun tampak remeh dan sederhana, namun kebiasaan mengucek mata secara berlebihan bisa menimbulkan berbagai macam bahaya. Apa saja bahaya tersebut? Simak ulasan dibawah ini.

Bahaya Mengucek Mata Dengan Tangan

Lalu apakah kita tahu, bahwa sebenarnya kegiatan mengucek mata dapat menimbulkan efek berbahaya bagi kita? berikut ini penjelasannya.

  • Menyebabkan Tekanan Pada Mata.

    Mengucek mata dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan tekanan pada mata, yang mana hal tersebut tentu saja akan sangat berbahaya bagi kesehatan mata. Hal tersebut diungkapkan oleh Profesor Charles McMonnies dalam sebuah jurnal yang diterbitkan Optometry and Vision Science. Dalam jurnal tersebut, disebutkan bahwa mengucek mata dapat memberi tekanan hingga 10 kali lipat dari kondisi normal.

  • Mengakibatkan Glaukoma.

    Jika terus dibiarkan, glaukoma bisa berkembang pada level yang lebih buruk yaitu kerusakan pada mata dan dapat pula berakhir dengan kebutaan. Penyebab utama glukoma adalah terjadinya tekanan berlebih pada mata, yang mana hal tersebut dapat diakibatkan oleh kebiasaan mengucek mata.

  • Menyebabkan Kerusakan Saraf.

    Terlalu sering mengucek mata akan menganggu aliran darah di belakang mata, yang mana hal tersebut akan berperan langsung dalam pengrusakan syaraf. Dampak lebih lanjut adalah gangguan penglihatan.

  • Menyebabkan Gangguan Keratoconus.

    Keratoconus terjadi akibat kornea yang terdorong ke depan dan melemah. Salah satu penyebab utamanya adalah keseringan mengucek atau menggosok mata.

  • Menyebabkan Pembengkakan Pada Kornea Mata.

    Bagi anda yang terbiasa mengucek mata saat bangun tidur, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk tersebut karena bisa menyebabkan pembengkakan pada kornea. Hal tersebut dikarenakan kadar oksigen yang rendah sehingga menyebabkan kelebihan cairan.

  • Penipisan Kornea.

    Para ahli menemukan fakta bahwa kebiasaan mengucek mata bisa mengakibatkan penipisan kornea, yang mana hal tersebut akan berakhir dengan beberapa masalah mata seperti gangguan penglihatan dan terkena keratoconus.

  • Rabun Jauh (Miopia).

    Rabun jauh atau miopia adalah suatu kondisi dimana seseorang tidak dapat melihat objek secara jelas pada jarak yang jauh. Hal tersebut dikarenakan mata tak dapat memfokuskan pandangan pada retina. Jika anda tidak ingin terkena rabun jauh, maka hindarilah kebiasaan mengucek mata, karena kebiasaan tersebut bepotensi besar menimbulkan kerusakan pada mata yang berakhir dengan rabun jauh.

  • Menimbulkan Lingkaran Hitam Pada Mata.

    Kebiasaan mengucek mata dalam jangka panjang bisa mengakibatkan pecahnya pembuluh darah yang mengelilingi mata, yang pada akhirnya akan menimbulkan lingkaran hitam pada mata.

  • Menyebabkan Kebutaan.

    Dampak terakhir dan paling buruk akibat kebiasaan mengucek mata adalah kebutaan. Hal ini akan terjadi jika kebiasaan mengucek mata dilakukan dalam jangka panjang, dan menjadi kebiasaan yang rutin.

Ironisnya, menggosok / mengucek mata tidak dapat meringankan gatal maupun gangguan mata lainnya, akan tetapi hal ini justru akan membuat gangguan tersebut lebih buruk lagi. Mata termasuk organ vital, jika bukan kita sendiri yang menjaganya lalu siap lagi. Jangan sampai menyesal dikemudian hari akibat kebiasaan buruk seperti mengucek mata.

 

Visina Tasmin

Kini hadir VISINA TASNIM yang berkhasiat menjaga kesehatan mata anda yang terbuat dari bahan-bahan alami. 

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo