Faktor Penyebab Pembentukan Polip di Hidung

Hasil gambar untuk Polip di Hidung

Polip di hidung adalah polip nasi yang merupakan pertumbuhan jinak (bukan sejenis kanker) dari lapisan mukosa hidung yang berada dalam rongga hidung. Mukosa merupakan lapisan yang sangat basah (berlendir) yang fungsinya untuk melindungi bagian dalam hidung dan sinus juga untuk melembabkan udara yang dihirup sebelum masuk ke paru-paru.

Pertumbuhan berlebih pada jaringan mukosa yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan baik karena infeksi ataupun reaksi alergi, akibatnya mukosa hidung menjadi bengkak dan merah, juga dapat menghasilkan cairan yang menetas keluar (hidung meler ingusan). Iritasi pada mukosa yang berkelanjutan, bisa membentuk polip.

Setiap kondisi yang memicu peradangan kronis terutama di saluran hidung atau sinus akibat infeksi atau alergi dapat meningkatkan seseorang pada risiko terkena polip hidung. Polip hidung dapat mengancam atau terjadi pada siapa saja tanpa mengenal jenis kelamin atau usia. Meskipun polip hidung lebih rentan atau paling umum terjadi pada laki² dewasa berusia di atas 40 tahun. Polip hidung yang terjadi pada kalangan anak² dapat menjadi tanda adanya fibrosis kistik.

Fakor Penyebab Pembentukan Polip di Hidung

  • Penggunaan aspirin berlebih dapat menyebabkan kepekaan pada beberapa orang cenderung mengembangkan polip hidung karena memiliki respon alergi.
  • Sindrom ChurgStrauss, penyakit langka yang menyebabkan radang pembuluh darah.
  • Alergi jamur.
  • Rhinitis alergi atau demam sering menyebabkan radang saluran hidung, terutama jika demamnya tak henti² dan sulit ditangani, sehingga mengembangkan iritasi pada hidung yang disertai dengan gejala hidung meler atau tersumbat akibat penumpukan lendir di bagian hidung.
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  • Asma, di mana penyakit ini banyak menyebabkan peradangan dan penyempitan pada jalan napas secara keseluruhan.
  • Cystic fibrosis, merupakan kondisi kelainan bawaan yang mempengaruhi organ tubuh seperti hati, paru-paru, pankreas, dan usus. Di mana hal ini menyebabkan produksi lendir yang tidak normal di saluran napas dari selaput hidung dan sinus. Kondisi ini yang terjadi pada anak², disebabkan karena ketidakmampuan anak dengan cystic fibrosis untuk menghilangkan penumpukan mukosa yang berlebihan di tubuh mereka, yang dapat bermanifestasi juga di bagian sinus sebagai polip hidung.
  • Infeksi pada sistem pernafasan bagian atas, teruatam jika adanya gejala termasuk hidung berair atau tersumbat sehingga memungkinkan risiko pengembangan polip hidung. Alasan ini adalah karena infeksi virus yang konstan tidak memungkinkan saluran hidung untuk sembuh dari peradangan sehingga terjadi pembentukan polip hidung.
  • Sinusitis kronis dapat menyebabkan peradangan di bagian hidung yang terus terjadi tanpa banyak istirahat. Sehingga peradangan yang konstan di sinus kemudian memicu pembentukan polip hidung.

Faktor keturunan memainkan peranan penting dan lebih tinggi resiko terkena kondisi yang sama. Ada beberapa bukti bahwa variasi genetik tertentu yang berkaitan dengan fungsi sistem kekebalan tubuh membuat Anda lebih mungkin untuk mengembangkan polip hidung. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kesehatan Anda.

 

Lapolipan Griya Herba

Lapolipan Griya Herba membantu memelihara kondisi kesehatan pada penderita kanker (polip hidung).

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo