Mengenal Penyakit Bronkitis Lebih Dekat

Image result for bronkitis

Bronkitis adalah infeksi pada saluran pernapasan utama dari paru-paru atau bronkus yang menyebabkan terjadinya peradangan atau inflamasi pada saluran tersebut. Kondisi ini termasuk sebagai salah satu penyakit pernapasan.

Di Indonesia penyakit bronkitis menduduki peringkat kelima sebagai penyebab kesakitan terbanyak. Angka ini diduga masih berada di bawah angka kesakitan yang sebenarnya dikarenakan adanya peningkatan polusi udara yang disebabkan oleh bidang industri dan transportasi ditambah polusi udara akibat asap kebakaran hutan yang terjadi baru – baru ini.

Bronkitis

Bronkitis adalah suatu peradangan pada bronkus (cabang tenggorok). Peradangan ini mengakibatkan permukaan bronkus membengkak (menebal) disertai peningkatan pengeluaran mukus (dahak) yang membuat saluran pernapasan relatif menyempit. Penyakit ini biasanya bersifat ringan dan pada akhirnya akan sembuh sendiri dalam waktu 10 -14 hari.

Meskipun ringan, namun kadang – kadang penyakit bronkitis bisa sangat mengganggu, terutama jika disertai sesak napas, dada terasa memberat, dan batuk berkepanjangan. Bronkitis terbagi menjadi dua jenis. Pertama bronkitis akut dan kedua bronkitis kronis.

  • Bronkitis Akut adalah peradangan yang terjadi pada bronkus yang disebabkan oleh infeksi dan iritasi saluran napas yang ditandai dengan batuk berdahak maupun tidak berdahak yang berlangsung kurang dari 6 minggu.Bronkitis akut paling umum terjadi dan paling sering menyerang anak-anak berusia di bawah 5 tahun. 
  • Bronkitis Kronis adalah peradangan yang terjadi pada bronkus yang lama dan berkesinambungan akibat bronkitis akut berulang atau akibat paparan terhadap partikel gas beracun dan berbahaya secara terus – menerus yang ditandai dengan batuk berdahak yang berlangsung lebih dari 6 minggu. Pada kondisi ini telah terjadi perubahan pada jaringan paru, sehingga gejala yang ditimbulkan cenderung lebih berat dan lebih lama.Bronkitis kronis lebih sering terjadi pada orang dewasa di atas usia 40 tahun.

Gejala Penyakit Bronkitis

Beberapa gejala bronkitis yang dapat dirasakan penderita antara lain :

  • Batuk: selama 2 – 3 minggu, pada awalnya tidak berdahak, dalam satu hingga dua hari kemudian akan keluar dahak yang berwarna putih atau bewarna kuning, kemudian dahak akan bertambah banyak, dan akan berubah warna menjadi hijau.
  • Demam: selama 3 -5 hari biasanya ringan.
  • Sesak napas dan rasa berat di dada : terjadi apabila terdapat penyumbatan pada saluran napas. Sesak dapat diserti bunyi mengi atau “ngik”, terutama setelah
  • Batuk darah: kadang – kadang dapat terjadi akibat iritasi saluran napas.

Penyebab Penyakit Bronkitis

Bronkitis dapat disebabkan oleh infeksi dan iritasi pada saluran napas. Secara umum penyebab bronkitis yaitu :

  • Infeksi saluran napas oleh virus, yang paling umum oleh virus influenza A dan influenza B, RSV, parainfluenza, rhinovirus, adenovirus maupun coronavirus.
  • Infeksi saluran napas oleh bakteri, yang paling umum oleh Streptococcus pneumoniae, Chlamydia pneumoniae, Moraxella catarrhalis, dan Haemophilus influenzae.
  • Kebiasaan merokok dan asap rokok , merupakan penyebab yang terpenting untuk menimbulkan bronkitis kronik.
  • Paparan terhadap polusi udara di lingkungan dan tempat kerja, seperti asap kendaraan, asap pabrik, bahan kimia, asap tembakau dan asam kebakaran hutan.

Diagnosis Penyakit Bronkitis

Selama beberapa hari pertama sakit, menjadi hal yang sulit untuk membedakan tanda-tanda dan gejala bronkitis terhadap penyakit flu biasa. Selama pemeriksaan fisik, dokter akan menggunakan stetoskop untuk mendengarkan suara paru-paru saat bernapas.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin menyarankan pemeriksaan penunjang sebagai berikut:

  • Rongsen Dada.

    X-ray dada dapat membantu menentukan apakah Anda memiliki pneumonia atau kondisi lain yang dapat menyebabkan batuk. Hal ini terutama penting jika Anda sering terpapar asap rokok.

  • Tes Dahak.

    Dahak adalah lendir yang Anda keluarkan dari paru-paru saat batuk. Dahak dapat diperiksa untuk melihat apakah Anda memiliki batuk rejan (pertusis) atau penyakit lain seperti TBC, atau Alergi.

  • Tes Fungsi Paru.

    Selama tes fungsi paru, Anda akan diminta untuk meniup ke dalam alat yang disebut spirometer, gunanaya untuk mengukur berapa banyak udara yang bisa ditampung oleh paru-paru Anda dan seberapa cepat Anda bisa mendapatkan udara keluar dari paru-paru Anda. Tes ini berguna untuk memeriksa tanda-tanda asma atau emfisema.

Komplikasi Yang Mungkin Terjadi

Komplikasi bronkitis yang paling umum terjadi adalah pneumonia. Komplikasi ini terjadi ketika infeksi menyebar lebih jauh ke dalam paru-paru. Infeksi ini menyebabkan kantong udara dalam paru-paru terisi dengan cairan. Sekitar 5 persen kasus bronkitis berujung pada pneumonia.

Orang yang lebih rentan terkena pneumonia, seperti orang tua, perokok, dan orang yang dalam kondisi sakit, mungkin perlu dirawat di rumah sakit. Ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan terjadinya pneumonia.

Demikian artikel mengenai Mengenal Penyakit Bronkitis Lebih Dekat. Semoga artikel di atas dapat menambah wawasan Anda dan membuat kita lebih sadar akan kesehatan kita.

 

Bronkas Griya Herba

Bronkas membantu meredakan batuk dan mengatasi gejala bronkhitis secara herbal.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo