Punya Masalah Sering Sakit Kepala Saat Haid? Ini Penjelasannya

Hasil gambar untuk sakit kepala

Saat sedang haid, biasanya tubuh terasa sakit semua. Gampang lelah, pegal-pegal, dan kadang sakit kepala juga. Pada dasarnya perubahan hormon lah yang membuat kondisi tubuh terasa berbeda saat sedang haid.

Untuk sakit kepala saat haid, penyebabnya juga karena pengaruh perubahan hormon. Dikutip dari boldsky.com, hormon progesteron dan estrogen memiliki peranan besar dalam siklus haid dan perubahannya itu juga bisa menyebabkan sakit kepala saat haid. Biasanya saat kadar hormon estrogen menurun, sakit kepala akan terasa makin menjadi-jadi. Naik turunnya kadar hormon inilah yang bisa menyebabkan sakit kepala. 

Apakah itu Normal?

Sekitar 40% wanita memaparkan pernah mengalami migrain saat haid. Sedangkan 60% sisanya pernah mengalami sakit kepala setidaknya satu kali dalam siklus haidnya seumur hidup. Jadi, sakit kepala saat haid memang bukan perkara yang baru lagi.

Penting untuk selalu mencatat atau menandai kapan sakit kepala menyerang saat haid. Apakah di hari pertama haid, di tengah-tengah siklus haid, atau di hari terakhir haid? Tujuannya agar saat berkonsultasi dengan dokter, dokter bisa lebih mudah memberikan penanganan atau obat yang tepat.

Bagaimana Cara Agar Tidak Merasa Sakit Kepala saat Haid?

Kalau siklus haidmu teratur dan selalu merasakan sakit kepala yang sama setiap bulannya, dokter mungkin akan memberikan obat khusus untuk meredakannya. Selain berkonsultasi ke dokter, salah satu pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan sendiri untuk mengatasi sakit kepalamu adalah dengan mengompres kepala dengan es batu.

Caranya, siapkan sejumlah es batu, bungkus dengan sapu tangan, handuk kecil, atau alat kompres, lalu kompreskan ke kepala selama beberapa menit. Dan usahakan kamu juga dalam keadaan benar-benar rileks agar sakitnya bisa cepat reda.

Menjaga pola makan juga jadi salah satu cara efektif agar terhindar dari sakit kepala saat haid. Batasi konsumsi gluten dan gula. Hindari juga makanan yang mengandung bahan-bahan hasil fermentasi dan cured meat (produk daging yang telah diperlakukan dengan memberikan garam curing) karena bahan tersebut bisa memicu sakit kepala. Perbanyak minum air putih dan hindari aktivitas yang terlalu berat atau gampang bikin stres selama haid.

Memang sangat tidak nyaman sekali bila selama haid, sakti kepala menyerang. Mau beraktivitas rutin seperti biasa pun sulit. Semoga informasi di atas bermanfaat. Dan jangan lupa menjaga kesehatan tubuh Anda dengan selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi setiap hari.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo. 

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo