Waspadai Kebanyakan Tidur Berdampak Ini!!

Image result for Kebanyakan Tidur

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang harus tercukupi. Bahkan tidur ini menjadi alata atau tameng yang bisa di gunakan untuk melawan penyakit. Semakin baik kualitas tidur anda, semakin baik pula ketahanan sistem imun pada tubuh anda. Meskipun begitu, tidur yang baik adalah tidur yang sesuai dengan kebutuhan. Yakni rentang waktunya sangat pas, tidak terlalu cepat juga tidak terlalu lama. 

Namun, bagi Anda yang hobi tidur sebenarnya hobi Anda tersebut banyak memberikan dampak buruk dari pada baiknya. Normalnya, kebutuhan tidur seseorang adalah sekitar 7 jam sehari. Tujuan tidur adalah untuk mengistirahatkan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa pada saat tidur pun ternyata tubuh kita melakukan banyak aktivitas.

Bahkan mata yang notabene menutup ketika sedang tidur bisa tetap bergerak. Gerakan tersebut untuk menunjukkan perbedaan dalam tahapan tidur. Gerakan paling cepat terjadi pada saat tidur REM (rapid eye movement). Begitu pula dengan otak, hormon, suhu tubuh, kulit, pernapasan, mulut, otot, sistem kardiovaskuler, sistem kekebalan tubuh, dan sistem pencernaan merupakan bagian yang akan tetap aktif meski kita tertidur nyenyak sekalipun.

Lantas, apa yang terjadi pada tubuh kita jika tidur terlalu banyak? Berikut akan dibahas hal-hal yang terjadi akibat terlalu banyak tidur.

  1. Merusak Otak.

    Dikutip dari sleepphones.com, penelitian di Universitas London pada tahun 2011 menunjukkan bahwa terlalu banyak tidur maupun terlalu sedikit tidur mengakibatkan terjadinya penuaan pada otak 7 tahun lebih cepat. Biasanya, hal ini sangat berisiko pada pelajar dan mahasiswa. Selain itu, pada wanita berusia 45 tahun ke atas (klimakterium) yang tidur lebih dari 9 jam perhari berisiko mengalami penuaan otak 2 tahun lebih cepat. Penuaan otak mengakibatkan menurunnya kemampuan otak untuk mempelajari hal-hal baru dan sulit menerima informasi.

  2. Sakit Kepala atau Pusing.

    Salah satu akibat yang sering dirasakan ketika seseorang kelebihan tidur adalahsakit kepala. Hal ini disebabkan karena kebanyakan tidur memberi dampak buruk pada neurotransmitter di otak yang kemudian menyebabkan sakit kepala.

  3. Bahaya Bagi Jantung.

    Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang tidur lebih dari 7 jam setiap malam, berpotensi 2 kali lebih mungkin mengalamipenyakit jantung. Hal ini disebabkan oleh ketika seseorang kebanyakan tidur dapat meningkatkan risiko terjadinya kekuragan pasokan oksigen sehingga, aliran mengganggu aliran darah menuju jantung atau lebih dikenal dengan Angina Pektoris.

  4. Resiko Obesitas.

    Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa terlalu banyak tidur membuat tubuh mengalami rasa lapar yang berlebih akibat produksi hormon ghrelin di lambung. Hormon ini mengarahkan rasa lapar padamakanan yang mengandung karbohidrat dan kebutuhan rasa manis yang berlebihan. Akibatnya, seseorang akan banyak mengkonsumsi makanan ringan dengan kadar karbohidrat, gula, serta MSG yang tinggi. Terlalu banyak tidur juga dapat mengacaukan sistem metabolisme tubuh sehingga produksi insulin terganggu dan menyebabkan gula darah tidak terkontrol. Gula darah tinggi dalam tubuh menyebabkan rasa kenyang dan mengantuk yang besar. Inilah pemicu terjadinya obesitas.

  5. Menurunkan Daya Ingat.

    Metode untuk mengasah otak yang paling baik adalah berpikir. Dengan berpikir, kita bisa meningkatkan pengetahuan. Sementara pada saat tidur, kita tidak bisa melakukan hal tersebut. Pada orang yang kebanyakan tidur mengakibatkan terjadinya penuaan pada otak lebih cepat, serta perlambatan dan kerusakan fungsi otak mengakibatkan menurunnya daya ingat.

  6. Memicu Sakit Punggung Kronis.

    Jika Anda sering mendapati sakit punggung akibat berbagai macam aktivitas yang dilakukan, maka Anda juga perlu mengetahui bahwa tidur sekalipun bisa menyebabkan punggung terasa sakit. Pada saat tidur, tubuh akan bertumpu pada bagian punggung sehingga, struktur dari tempat tidur sangat mempengaruhi kenyamanan tubuh. Juga karena pada saat tidur kita kurang bergerak, hal ini juga dapat menyebabkan sakit pada punggung.

  7. Resiko Depresi.

    Kekurangan maupun kelebihan tidur berisiko menyebabkan gangguan pada mental seseorang salah satunya adalahSebuah penelitian menyebutkan bahwa tidur 7-9 jam setiap malam mempunyai risiko terkena depresi sebanyak 27%, sedangkan tidur lebih dari 9 jam berisiko lebih banyak yakni 49%. Hal ini menunjukkan bahwa orang depresi cenderung memiliki waktu tidur yang lebih banyak.

  8. Resiko Kematian.

    Terdengar mengerikan tapi memang itulah yang terjadi. Sebuah penelitian menemukan orang yang tidur di atas batas normal berisiko mati muda. Selain berhubungan dengan kesehatan, risiko kematian juga ada kaitannya dengan depresi dan status sosial ekonomi yang menyebabkan tidur terlalu lama berisiko terhadapkematian mendadak.

  9. Resiko Diabetes.

    Selain berisiko obesitas, kadar gula darah yang tidak terkontrol juga menyebabkan terjadinyaPenelitian menunjukkan bahwa mereka yang tidur lebih dari 9 jam setiap malam berisiko 50% lebih besar menderita diabetes.

  10. Resiko Stroke.

    Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tidur lebih dari 8 jam sehari meningkatkan 14% risiko terkenaBahkan pada mereka yang tidur berlebih sekaligus menderita hipertensi, risiko stroke 3 kali lebih besar.

Betapa banyak kerugian yang disebabkan oleh hobi tidur terlalu lama. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda membiasakan diri untuk tidur dalam rentan waktu yang normal. Jika lelah, Anda bisa melakukan sedikit pemanasan ringan di sela-sela pekerjaan (misalkan jika terlalu lama duduk, maka berdirilah). semoga artikel di atas bermanfaat untuk kita.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo