Penyakit Usus Buntu

Apa Itu Penyakit Usus Buntu?

Penyakit usus buntu adalah peradangan atau pembengkakan apendiks atau usus buntu. Sedangkan usus buntu adalah organ berbentuk kantong kecil dan tipis berukuran 5 hingga 10 cm yang terhubung pada usus besar. Usus buntu yang juga memiliki nama apendix ini secara normal terletak di bagian perut kanan bawah, penyakit usus buntu terjadi ketika usus buntu mengalami peradangan, atau dalam istilah medis disebut Apendisitis.

Ketika terjadi radang, usus buntu akan membengkak, penuh dengan nanah yang terdiri dari bakteri dan sel-sel mati sebagai akibat dari infeksi. Jika penyakit radang usus buntu tidak diobati, maka usus buntu bisa semakin membengkak dan akhirnya bisa pecah (meledak), dan membuat isinya menyebar ke seluruh rongga perut sehingga berpotensi menyebabkan infeksi yang luas dan mengancam nyawa.

Pengangkatan terhadap penyakit usus buntu pun tidak memengaruhi kondisi kesehatan. Namun penyakit usus buntu atau apendisitis berpotensi memicu komplikasi yang serius. Apendisitis merupakan penyakit umum yang bisa menyerang siapa saja. Tetapi, kalangan muda yang berusia 10 sampai 30 tahun adalah kelompok orang yang paling sering mengalami kondisi ini.

Gejala dan CIri Penyakit Usus Buntu

Gejala utama pada penyakit usus buntu adalah sakit perut. Meski demikian, tidak semua jenis sakit perut akan berujung pada apendisitis. Sakit perut adalah gejala umum bagi banyak penyakit, seperti penyakit iritasi usus, infeksi saluran kemih (ISK), dan penyakit radang panggul (infeksi organ reproduksi wanita).

Sakit perut yang mengindikasikan penyakit ini biasanya berawal di perut bagian tengah. Pada awalnya, rasa sakit itu akan datang dan pergi. Beberapa jam kemudian, rasa sakit akan berpindah ke perut kanan bawah (tempat usus buntu berada) sebelum akhirnya bertambah parah dan terus menerus terasa sakit.

Rasa sakit juga akan bertambah parah ketika terjadi penekanan pada bagian perut tersebut. Begitu juga pada saat Anda batuk atau berjalan. Beberapa gejala dan ciri lain yang dapat menyertai sakit perut itu antara lain:

  • Sakit Perut Kanan Bawah.

    Ini merupakangejala usus buntu yang paling utama, biasanya sakit perut awalnya dirasakan pada daerah sekitar pusar lalu berpindah ke perut kanan bawah. Sakit perut akan terasa lebih sakit saat berjalan, menggerakkan perut, saat batuk, bersin, atau ketika mengalami guncangan saat naik kendaran di jalan jelek.

  • Badan Panas atau Demam Ringan.

    Gejala dan tanda usus buntu bisa mirip dengan penyakit lainnya yaitu demam atau meriyang. Jadi, ketika mengalami sakit perut seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahkan sampai tidak bisa berdiri tegak, dan Anda mengalami demam, maka bisa jadi itu merupakan ciri-ciri usus buntu Anda sedang meradang.

  • Sakit Perut Cepat Memburuk.

    Nyeri perut yang disebabkan oleh radang usus buntu memiliki ciri-ciri yang khas yaitu sakit akan cepat menjadi buruk, bahkan ketika tidak pernah merasakan rasa sakit seperti itu sebelumnya. Jadi ketika sakit itu datang, maka akan lebih sakit lagi dalam hitungan jam setelahnya.

  • Mual, Muntah, Tidak Nafsu Makan.

    Ini juga merupakan gejala yang sering saya temui, tidak nafsu makan, rasa mual dan muntah ringan biasanya terjadi di awal bahkan sebelum adanya rasa sakit di perut. Muntah akan lebih intens ketika sakit perut datang dan gejala semakin memburuk.

  • Sembelit atau Diare.

    Seperti ciri-ciri adanya masalah pada pencernaan lainnya, ini bisa tidak begitu parah dan mungkin akan terjadi setelah mengalami sakit perut. Tapi jika Anda mengalami diare ringan, terutama jika ada banyak lendir di dalam feses, dan disertai sakit perut kanan bawah, maka segeralah periksa ke dokter untuk memastikan adanya radang usus buntu atau tidak.

  • Perut Kembung.

    Ini merupakan gejala pelengkap, perut akan terasa kembung, kadang susah kentut, apalagi jika Anda merasa bahwa tidak ada masalah lain yang menyebabkannya seperti mimum minuman bersoda, terlalu banyak makan sayur, dll. Jadi ketika perut Anda kembung, di satu sisi mengalami sakit perut kanan bawah dan demam, maka mungkin saja itu merupakan gejala usus buntu.

  • Nyeri Lepas Tekan.

    Ini merupakan salah satu dari sekian banyak tanda-tanda usus buntu yang bisa kita lihat melalui pemeriksaan. Maksud dari nyeri lepas tekan adalah ketika kita menekan perut memang terasa sakit tapi ketika tekanan itu kita lepas, maka sketika akan terasa lebih sakit. Jika kita dapati tanda seperti itu maka kita sebut nyeri lepas tekan (+). Sebaiknya ini dilakukan oleh dokter saja, tidak dilakukan sendiri karena dikhawatirkan akan memperberat kondisi.

Diagnosis Penyakit Usus Buntu

Dokter biasanya akan menanyakan gejala-gejala Anda sebelum mengadakan pemeriksaan lebih lanjut yang berupa:

  • Pemeriksaan fisik untuk mengonfirmasi rasa sakit pada perut. Bagian di sekitar usus buntu (perut kanan bawah) akan ditekan secara perlahan-lahan. Ketika tekanan dilepaskan oleh dokter, sakit perut akibat apendisitis umumnya akan bertambah parah.
  • Tes darah guna memeriksa jumlah sel darah putih yang menandakan adanya infeksi.
  • Tes urine untuk menghapus kemungkinan adanya penyakit lain, misalnya infeksi saluran kemih atau batu ginjal.
  • CT scan atau USG agar kondisi usus buntu bisa diperiksa. Misalnya, membengkak atau tidak.
  • Pemeriksaan organ intim dan tes kehamilan bagi wanita yang belum menopause. Prosedur ini berfungsi menghapus kemungkinan adanya penyakit yang berhubungan dengan organ kewanitaan.

Langkah Pengobatan Penyakit Usus Buntu

Langkah pengobatan utama untuk penyakit usus buntu adalah melalui prosedur operasi pengangkatan usus buntu atau yang dikenal dengan istilah apendektomi. Usus buntu tidak memiliki fungsi yang penting bagi tubuh manusia dan pengangkatannya tidak akan menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang.

Tetapi tidak ada salahnya jika kita juga mengkonsumsi sesuatu yang bersifat alami untuk mendampingi proses pengobatan atau penyembuhan terhadap penyakit usus buntu ini. Menggunakan ramuan tradisional yang dipercaya bisa menuntaskan usus buntu tanpa menimbulkan efek samping yaitu dengan cara mengkonsumsi Mengkudu.

Mengkudu merupakan salah satu tanaman herbal yang terbukti ampuh dalam menuntaskan usus buntu secara alami, cepat dan tanpa menimbulkan efek samping. Ingin membuat ramuan dari mengkudu sebaiknya tambahkan madu supaya ada rasa manisnya, di sarankan ramuan yang satu ini harus di minum secara rutin supaya penyakit usus buntu bisa tuntas dengan cepat tanpa kambuh lagi.

Cara pengolahannya pun mudah yaitu sediakan bahan-bahan yang diperlukan seperti : 1sdm madu dan 1 buah mengkudu masak. Kemudian kupas dan cuci buah mengkudu lalu parut dan peras untuk di ambil airnya, setelah itu campur air perasan air mengkud tadi dengan madu lalu aduk sampai rata.Sebaiknya minum ramuan ini sebanyak 2 kali sehari secara rutin.

Demikianlah ulasan mengenai Penyakit Usus Buntu. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk lebih cepat mengindikasi masalah penyakit yang menyerang tubuh Anda.

 

HIU Herba Androbi

HIU Herba Androbi berkhasiat mengobati radang tenggorokan, radang paru (pneumonia), radang mata merah (konjungtivis), radang akut usus buntu (akut apenditisitis), radang hati (hepatitis), TBC paru, dll.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo