Manfaat Tumbuhan Ganyong Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk tanaman ganyong

Tumbuhan ganyong memiliki identifikasi ilmiah Canna edulis Ker. Adalah tanaman yang umumnya banyak dikenal di daerah pedesaan. Sebenarnya, tanaman ganyong ini awalnya berasal dari daerah  Amerika Selatan, namun sudah lama akrab diantara masyarakat kita khsusunya para petani. Ganyong banyak memiliki persamaan nama lain dibeberapa daerah di Indonesia, yaitu  buah tasbih, ubi pikul, ganyal, ganyol,  sinetra dll. Ganyong merupakan jenis tanaman umbi-umbian, atau yang banyak dimanfaatkan rimpangnya untuk dikonsumsi.

Ganyong termasuk dalam tanaman dwi tahunan (2 musim), atau sampai beberapa tahun, cuma tanaman ganyong ini ada masa istirahat dari satu tahun ke tahun berikutnya. Dalam masa istirahat, seluruh batang tanaman ganyong akan mengering, dan seolah sudah mati. Padahal umbinya masih segar, dan akan tumbuh lagi jika da musim penghujan.

Tumbuhan ganyong adalah satu di antara jenis tumbuhan penghasil umbi. Umbi ganyong kerap dikonsumsi seperti ubi jalar. Tetapi, tahukah Anda dibalik semuanya, nyatanya tumbuhan ganyong ini kaya manfaatnya bagi kesehatan kita. Di antara komoditas ubi-ubian, ganyong belum sepopuler ubi jlar atau ubi kayu. Pemanfaatannya juga cuma hanya direbus. Padahal perlu diketahui kalau ganyong adalah satu di antara bahan pangan non beras yang bergizi cukup tinggi khususnya kandungan kalsium, fosfor, serta karbohidrat.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Ganyong memiliki rasa manis dan bersifat dingin. Beberapa bahan kimia dalam ganyong, di antaranya flavonoid, saponin, kalsium, garam fosfat, zat besi, dan polifenol. Efek farmakologis ganyong, di antaranya anti-radang, anti-tekanan darah tinggi, peluruh kencing, dan anti-diare.

Bagian yang Digunakan dan pemanfaatannya

Bagian umbi dalam bentuk utuh maupun tepung dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  • Mengobati Diare.

    Parut 20gr umbi ganyong, seduh dengan setengah gelas air panas, aduk, lalu saring. Minum sekaligus saat hangat. Lakukan dengan cara yang sama 3 kali sehari.

  • Mengatasi Nyeri Lambung.

    Cuci bersih 15gr umbi ganyong, 15gr rimpang temulawak, 15gr biji jali yang sudah direndam beberapa hari, dan 15gr daun sambiloto. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus saat hangat. Lakukan 2 kali sehari dengan cara yang sama.

Itulah manfaat ganyong yang perlu anda ketahui sebagai obat tradisional alami yang berkhasiat mengobati berbagai penyakit seperti diatas agar kita selalu hidup sehat secara alami.

Salam Sehat

online istana solo