Garut

Manfaat Garut Untuk Kesehatan

 Hasil gambar untuk tanaman garut

Tumbuhan garut memiliki nama ilmiah Maranta arundinacea. Garut adalah tanaman yang sering didapati banyak tumbuh dengan sendiri terutama di daerah-daerah pedesaan, garut biasa tumbuh di sekitar pekarangan, di kebun dan di ladang. Tumbuhan garut ini juga termasuk dalam golongan tumbuhan umbi-umbian. Biasanya tanaman garut hanya bisa panen sekali dalam satu tahun.

Ubi Garut bisa langsung direbus dan dimakan selayaknya ubi kayu atau ubi ketela. Selain direbus langsung di makan ubi garut bisa juga dibuat beragam olahan makanan dan bahan bahan makanan diantaranya Emping Garut dan Pati Garut. Manfaat garut bukan saja digunakan untuk pangan, tetapi juga untuk bahan baku industri. Tanaman garut termasuk produk unggulan, karena tingginya manfaat ekonomi dan kesehatan yang terkandung di dalamnya.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Garut memiliki rasa manis dan bersifat menguatkan (tonik). beberapa bahan kimia yang terkandung dalam garut, di antaranya flavonoid, dan saponin. Efek farmakologis garut, di antaranya anti-radang dan meningkatkan nafsu makan.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Umbi garut dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  • Mengobati Diare.

    Cuci bersih 50gr bubuk umbi garut dan 10-20gr daun jambu biji (Psidium guajava L.). Rebus semua bahan dengan 1,5 gelas air sampai mendidih dan menjadi bubur. Pisahkan daun jambu lalu makan buburnya sekaligus 1 kali sehari.

  • Mengobati Habis Digigit Serangga dan Ular Berbisa.

    Tumbuk 100gr umbi garut kering sampai menjadi bubuk. Campurkan kedalamnya 60gr lidak buaya (Aloe vera) yang sudah di jus, lalu aduk sampai rata. Oleskan campuran bahan pada bagian yang sakit.

  • Mengobati Disentri.

    Cuci bersih 25gr umbi garut dan 15gr patikan kebo lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum air rebusannya sekaligus saat hangat. Lakukan dengan cara yang sama 2 kali sehari.

  • Mengatasi Keputihan.

    Cuci bersih 100gr bubuk umbi garut dan 30gr kulit delima kering (Punica granatum L.). Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai mendidih dan menjadi bubur. Pisahkan kulit delima lalu makan buburnya sekaligus 1 kali sehari.

  • Menambah Nafsu Makan dan Kekurangan Asam Lambung.

    Tumbuk 80gr umbi garut sampai menjadi bubuk. Rebus hasil tumbukan tadi bersama asam jawa secukupnya dengan 2 gelas air sampai mendidih dan menjadi bubur. Makan buburnya sekaligus 1 kali sehari.

Nah, itulah manfaat dari umbi garut. Bagaimana? Menarik bukan? Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda sekalian.

Salam Sehat

baca Selengkapnya