Gempur Batu

Gempur Batu - Tanamanan Berkhasiat Untuk Kesehatan

Gambar terkait

Tanaman gempur batu termasuk tanaman herbal yang banyak khasiatnya  yang dapat  menyembuhkan batu ginjal,empedu,obat luar/luka, dan susah buang air. Habitat tanaman gempur batu tumbuh liar di hutan, di ladang pada tanah agak lembab pada dataran rendah sampai ketinggian 500 m dpl. Tumbuhan gempur batu menghendaki tempat yang cukup matahari dan dalam pencegahan penyakit sebaiknya tidak menggunakan pestisida.

Gempur batu (Borreria Hispida Schum) adalah sejenis tanaman obat yang dicampurkan dalam satu bahan pembuatan jamu. Rumput ini juga dikenal dengan nama lokal seperti keji beling, gempur watu, tutup bumi, picah beling, dan enyoh kelo.

Ciri tanaman gempur batu ini bisa dikenali dengan bentuk daun yang hampir menyerupai daun beringin. Tidak berbatang karena hidupnya menempel pada tanah. Permukaan daun kasar dengan pinggiran bergerigi warna hijau. Tangkai bunga memanjang dengan warna ungu kecokelatan dan kelopak bunga berwarna hijau muda.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Beberapa bahan kimia dalam gempur batu, di antaranya flavonoid, saponin, dan polifenol. Efek farmakologis gempur batu, di antaranya peluruh kencing dan mencegah pembentukan batu ginjal. Namun, tumbuhan gempur batu sebaiknya jangan diberikan pada penderita penyakit yang menyerang perut. Hal tersebut dikarenakan dalam pemakaian yang lama, gempur batu, dapat melemahkan usus.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian daun dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit sebagaiberikut :

  • Menghancurkan Batu Ginjal, Kandung Kemih, dan Empedu.

    Cuci bersih 4 ranting gempur batu dan 7 batang tanaman meniran beserta akarnya. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas. Lakukan secara rutin selama 1 bulan.

  • Obat Luar Untuk Diare.

    Cuci bersih batang dan daun gempur batu segar, masing-masing secukupnya, lalu giling halus bersama buah adas secukupnya. Tapalkan hasil gilingan yang telah halus pada bagian perut.

  • Mengatasi Susah Kencing.

    Cuci bersih 15gr daun segar lalu rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit sampai mendidih. Setelah dingin, saring, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

Kontra indikasi : penggunaan herbal ini tidak baik jika digunakan jangka panjang oleh penderita yang mengalami masalah perut. Sebab dalam jangka lama gempur batu bisa melemahkan kinerja usus.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

baca Selengkapnya