Mengenal Manfaat Tumbuhan Ginje Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk manfaat ginje

Tumbuhan jenis Ginje atau yang dalam bahasa latin disebut Thevetia peruviana ini merupakan tumbuhan obat yang beracun yang berasal dari Meksiko selatan dan Amerika Tengah. Ada banyak sekali khasiat yang bisa kita ambil dari tumbuhan jenis Ginje ini untuk kesehatan kita. Meskipun tumbuhan Ginje merupakan salah satu jenis tumbuhan beracun, namun Ginje banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat ramuan obat berbagai macam penyakit. Termasuk tanaman beracun karena mengandung glikosida jantung dan mempunyai frekuensi yang tinggi sebagai penyebab keracunan yang serius pada manusia.

Batangnya bulat, berwarna hijau keabu-abuan dengan tonjolan-tonjolan bekas ranting dan daun yang telah gugur. Baunya tidak enak, digunakan untuk menuba ikan. Daun berbentuk garis langset, bertangkai sangat pendek dengan ujung runcing dan pangkal agak membengkok, permukaan atas berwarna hijau dan bagian bawahnya berwarna lebih muda. Daun agak mengkhilat dengan ibu tulang daun menonjol, panjang daun 8-15 cm dengan lebar 0,6-1,8 cm, berkumpul terutama diujung rantai. Daunnya ini ada yang menghisap sebagai tembakau rokok. Bunganya seperti terompet, diujung ranting atau berhadapan daun, dalam karangan bunga yang mekar tidak berbarengan, warnanya kuning. Buahnya buah batu berbentuk segitiga lebar, berwarna hijau mengkhilat dan bila telah masak berwarna hitam, bergetah, degan diameter sekitar 5 cm. Bijinya satu, besar berwarna abu-abu.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Ginje memiliki rasa pedas, pahit, bersifat hangat, dan mengandung racun. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam ginje, antara lain thevetin A, thevetin B, peruvoside, nemfolin, cerberin, perusitin, thelevene, dan neriperside. Sementara itu, efek farmakologis ginje, antara lain penguat jantung (cordiotonic), peluruh kemih, obat cacing (anthelmintic), dan penghilang bengkak.

Bagian yang digunakan dan pemanfaatanya

Daun, kulit batang, tangkai, akar, dan biji dari buah ginje masak yang telah dijemur dapat dimanfaatkan untuk menangani serta mengobati beberapa penyakit permasalahan sebagai berikut :

  • Membunuh Serangga.

    Tumbuk seluruh bagian tumbuhan ginje secukupnya, tambah 2 liter air, lalu aduk sampai rata. Gunakan untuk menyemprot serangga.

  • Mengobati Radang Dipinggir Kuku (paronichya).

    Cuci 10-15 helai daun ginje segar lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air, 1 sendok makan madu, lalu aduk sampai rata. Simpan tumbukan yang bercampur air dan madu kedalam wadah yang kering untuk digunakan beberapa kali. Ambil ramuan secukupnya dari dalam wadah lalu oleskan menyeluruh pada bagian yang sakit. Lakukan secara rutin 2-3 kali sehari.

Catatan : tumbuhan ginje sebaiknya tidak digunakan sebagai obat minum ataupun dimakan dalam keadaan segar karena beracun.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo