Hal yang Wajib Dihindari Penderita Maag Kronis

Hal yang Wajib Dihindari Penderita Maag Kronis

Banyak orang yang terlalu sibuk dengan pekerjaan dan menyepelekan urusan makan. Padahal menjaga pola makan yang teratur sangat penting bagi kesehatan. Saat perut kosong, lambung akan memproduksi zat asam. Zat ini akan membuat perut terasa panas dan atau sakit yang luar biasa. Bila kondisi seperti ini terus dibiarkan, mukosa lambung akan mengalami iritasi dan menyebabkan sakit maag akut. Bila sudah terkena sakit maag akut, sebaiknya anda menghindari hal –hal berikut ini:

  1. Makanan yang sulit dicerna dan memperlambat pengosongan lambung seperti kue tart, cokelat, dan keju. Jenis makanan tersebut akan menignkatkan peregangan pada lambung.sebaiknya mengonsumsi makanan yang lebih lembut dan lunak.
  2. Makanan dan minuman fermentasi seperti keju, anggur, tape, produk olahan susu, softdrink brem, dan kopi. Jenis makanan dan minuman tersebut dapat merangsang keluarnya asam lambung yang menyebabkan penyakit tukak lambung.
  3. Makanan asam dan pedas dapat merangsang tubuh untuk memproduksi asam lambung berlebih. Makanan tersebut juga dapat menyebabkan iritasi dan pengikisan terhadap lambung bila dikonsumsi dengan jumlah banyak dalam waktu yang lama. Hindari pula makanan bersantan dan makanan dengan kadar lemak yang tinggi. Lebih baik menggunakan garam dengan sodium tinggi untuk masakan agar nayaman bagi lambung.
  4. Mengonsumsi buah yang berserat tinggi atau buah yang dikeringkan. Buah yang mengandung serat tinggi akan memaksa lambung untuk bekerja lebih keras mencerna makanan. Sebaiknya makan buah yang sifatnya lembut dan tidak ulet untuk meringankan kerja lambung dalam mencerna makanan yang kita makan.
  5. Sembarangan mengosmsi obat. Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan lambung terluka. Sebaiknya penderita maag mengonsumsi obat-obatan herbal untuk mengurangi asam lambung karena obat kimia pabrik dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal jika dikonsumsi dalam jangka panjang.
baca Selengkapnya