Obat Herbal Vs Obat Kimia, Mana Yang Lebih Unggul?

Perdebatan mengenai mana yang lebih unggul antara obat herbal dan obat kimia mungkin tidak akan ada habisnya. Bagi para pendukungnya sampai-sampai seolah muncul dua kubu yang saling berseberangan. Para pendukung obat herbal meyakini bahwa penggunaan obat herbal yang alami menjaga penggunanya terhindar dari efek samping obat dalam jangka panjang. Sementara pendukung obat kimia meragukan efektivitas dari obat-obatan herbal untuk mengobati penyakit.

Ternyata, keberadaan obat herbal tidak bisa kita remehkan. Dunia medis sendiri sudah mengakui terkait keberadaan obat herbal untuk pengobatan. Artinya tidak tepat jika ada yang beranggapan bahwa obat herbal tidak efektif. Untuk pemakaian yang tepat, obat herbal juga bisa memberikan manfaat yang sama besarnya dengan obat kimia.

Lalu bagaimana klaim bahwa obat kimia bisa berbahaya dalam penggunaan jangka panjang? Mungkin pernyataan itu benar, secara jangka panjang, obat-obatan kimia memiliki efek samping yang cukup berbahaya untuk tubuh. Selain itu penggunaan obat kimia juga butuh dosis dan takaran yang sesuai, karena itu sangat penting sekali untuk senantiasa membaca dengan seksama label petunjuk pada kemasan khususnya pada obat bebas.

Namun meski memiliki dampak negatif, obat-obatan kimia tetap dianggap sebagai cara paling efektif untuk memberikan pengobatan. Terlebih lagi belum semua jenis penyakit terbukti secara ilmiah dapat disembuhkan dengan obat-obatan herbal. Beberapa penyakit bahkan mengharuskan para penderitanya mengkonsumsi obat-obatan kimia secara terus menerus.

Untungnya penggunaan obat herbalpun sudah diakomodir oleh dunia medis. Karenanya, jika seorang pasien menginginkan pengobatan dengan obat herbal, ia bisa saja memintanya kepada dokter. Dan jika memang tersedia obat-obatan herbal yang sesuai dan tepat untuk penyakitnya, dokter akan meresepkan obat herbal tersebut.

Penggunaan obat herbal sudah pasti bisa membantu mengurangi resiko yang mungkin ditimbulkan oleh obat kimia. Namun tentu saja, dalam proses pengobatan semuanya tetap harus berdasar petunjuk dokter. Tidak bisa kita memaksa menggunakan obat herbal, jika dokter tidak mengizinkannya. 

Penggunaan obat-obatan baik yang herbal maupun yang kimia memiliki aturan tertentu. Keduanya tetap harus digunakan dalam kadar dan dosis yang sesuai. Meski efek samping yang cenderung aman, namun tetap saja obat herbal memiliki efek samping terutama untuk mereka yang alergi terhadap bahan-bahan tertentu. Adapun penggolongan obat-obatan yang dijual dimasyarakat adalah sebagai berikut:

OBAT HERBAL

Obat herbal kini sudah ada penggolongannya, karenanya penggunaannya harus disesuaikan dengan penggolongan tersebut. Oleh sebab itulah, penting sekali untuk masyarakat memahami bagaimana penggunaan obat herbal yang baik dan benar.

  1. Jamu.

    Yang digolongkan sebagai jamu adalah obat herbal yang disediakan dengan cara tradisional. Tradisional disini maksudnya adalah bahwa obat tersebut dibuat dengan resep turun-temurun. Biasanya butuh 3 generasi untuk sebuah ramuan dianggap sebagai resep turun-temurun. Namun demikian jamu belum teruji secara klinis sehingga pembuktian khasiatnya belum sepenuhnya diakui dan hanya berdasarkan pengalaman. Meski demikian, jamu tetap harus terjamin keamanannya, serta secara pengalaman memang dianggap memiliki khasiat.

  2. Obat Herbal Terstandar.

    Obat Herbal Terstandar atau OHT adalah obat herbal yang telah diakui khasiatnya secara ilmiah namun masih dalam tahap preklinis. Artinya obat tersebut telah memenuhi syarat secara khasiat namun belum melewati proses uji kepada manusia karena memang butuh waktu yang panjang. Namun demikian, OHT sudah mengalami proses yang panjang dan telah melalui standar pembuatan obat yang higienis.

  3. Fitofarmaka. Image result for simbol jamu

    Fitofarmaka adalah jenis obat herbal yang paling tinggi levelnya. Obat jenis ini sudah terbukti secara ilmiah khasiat serta keamanannya dan juga telah melewati uji preklinis dan uji klinis. Boleh dibilang obat ini dianggap memiliki khasiat yang sama dengan obat-obatan kimia pada umumnya karenanya juga digunakan oleh para tenaga medis untuk pengobatan.

OBAT KIMIA

Inilah jenis obat-obatan kimia yang dijual dimasyarakat adalah sebagai berikut:

  • Obat Bebas. Image result for simbol jamu

    Obat yang biasa kita kenal dengan sebutan obat warung, sebab obat-obatan ini bisa dengan mudah kita temui diwarung-warung. Seperti namanya, obat bebas ini bebas dijual dimana saja baik apotik, toko obat bahkan warung pinggir jalan sekalipun. Obat analgesik seperti paracetamol dan vitamin masuk ke dalam golongan ini. Meski tergolong aman, obat ini tetap harus diminum sesuai dengan dosis yang ditentukan.

  • Obat Bebas Terbatas.

    Ini sebenarnya sudah masuk obat keras namun tetap dapat dibeli meski tanpa resep dokter. Di obat jenis ini akan selalu ada tanda peringatan yang ditulis dalam sebuah kotak persegi berwarna hitam. Contoh obat jenis ini seperti obat batuk, obat pilek, krim antiseptik, dll. Biasanya tidak dijual bebas, dan hanya bisa ditemui di toko-toko obat dan apotek.

  • Obat Keras. Image result for simbol jamu

    Seperti namanya, obat ini memiliki kandungan yang kuat sehingga ia hanya bisa diperoleh dengan resep dokter. Cuma bisa didapatkan di apotek dan diberikan atas sepengetahuan seorang apoteker. Contoh obat ini adalah obat generik dan obat wajib apoteker.

  • Obat Narkotika. Image result for simbol obat narkotika

    Jika di masyarakat umum narkotika dikenal sebagai obat-obatan terlarang, di dunia medis, obat narkotika dibutuhkan untuk berbagai penanganan medis. Obat jenis ini menyebabkan penurunan dan perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi hingga menghilangkan rasa nyeri namun juga menyebabkan ketergantungan. Penggunaannya harus benar-benar dalam pengawasan dokter.

Nah itulah penjelasan perbandingan obat-obatan herbal dibandingkan dengan obat-obatan kimia yang sering menjadi perdebatan di kalangan masyarakat. Setiap jenis obat memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Bagi mereka yang mempercayai obat kimia tidak merasa puas dengan obat herbal begitupun sebaliknya.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo