Hidup Sehat Tanpa Hipertensi

Gambar terkait
Hipertensi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah meningkat melebihi batas normal. Hipertensi sering diderita orang yang sudah dewasa dan sering stres. Tekanan darah normal dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100-140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60-90 mmHg.  Setiap tingkatan usia memilii batas tekanan darah normalnya masing-masing.

Apabila tekanan darah tinggi tidak cepat disembuhkan dapt memicu penyakit lain seperti stroke, infark miokard(serangan jantung), gagal jantung, aneurisma arteri, penyakit arteri purifier, dan ginjal kronik. Orang yang mengalami peningkatan tekanan darah tinggi secara tiba tiba yang sering disebut krisis hipertensi memiliki risiko terjadi komplikasi penyakit.  Gejala lain krisis hipertensi meliputi penglihatan yang berkurang atau sesak nafas akibat gagal jantung atau lesu karena gagal ginjal. Orang dengan tekanan darah rendah cenderung mengalami pusing dan sakit kepala. Namun jarang mengalami komplikasi.

Oleh karena itu banyak orang yang takut dengan penyakit tersebut. Apalagi dengan bertambahnya usia, maka semakin rawan tubuh terserang penyakit. Sebenarnya penyakit hipertensi dapat dicegah dengan pola hidup sehat.
Sebagai contoh saat merasa pusing atau nyeri badan, jangan buru-buru mengonsumsi obat tapi lebih baik memperbaiki pola makan dan diimbangi dengan olahraga. Dengan berolahraga, tubuh kita menjadi sehat dan terhindar dari risiko hipertensi. Anda sebaiknya mengurangi makanan yang terlalu asin, karena dapat memicu tekanan darah tinggi. Apabila anda seorang perokok, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut karena nikotin yang terkandung di dalam rokok dapat membuat darah menggumpal dan meningkatkan tekanan darah. Luangkanlah waktu untuk bersantai untuk menurunkan tekanan darah anda. Lakukan dari hal kecil dan lakukan secara berkesnambungan, dengan begitu anda dapat terhindar dari risiko hipertensi.

 

Karyawan baru Istana