Bahayanya Ibu Hamil Muda Berdiri Lama

Image result for Bahayanya Ibu Hamil Muda Berdiri Lama

Bagi ibu-ibu hamil memang tidak disarankan pasif, kurang gerak dan hanya berduduk-duduk santai di rumah. Namun, sikap terlalu lama berdiri bagi ibu yang hamil muda juga berdampak negatif bagi bayi yang ada di kandungannya. Peneliti dari Belanda mengungkapkan bahwa ibu hamil yang terlalu lama berdiri atau lebih dari 40 jam dalam seminggu beresiko membuat bayi yang di kandungannya lahir lebih kecil.

Perhatian bagi para wanita karir yang sedang mengandung, bukan dari jam kerja yang panjang atau kebiasaan lembur malam yang mempengaruhi perkembangan janin tetapi kebiasaaan berdiri lamalah yang menghambat perkembangan janin. Kebutuhan cairan pada janin ibu hamil meningkat, kerja jantungpun meningkat untuk memompa cairan. Sementara jika berdiri lama akan membuat kerja jantung kurang maksimal karena posisinya lebih tinggi.

Bahaya Berdiri Lama Saat hamil Muda

  1. Membuat Bayi Dengan Lingkar Kepala Kecil.

    Ibu hamil yang bekerja dengan berdiri lebih dari 40 jam dalam seminggu memungkinkan bayi akan terlahir dengan ukuran lingkar kepala kecil dibandingkan dengan mereka yang hanya bekerja dalam 25 jam seminggu.Salah satu peneliti dari University Medical Center menjelaskan bahwa bayi dengan lingkar kepala kecil dapat berdampak jangka panjang yaitu berdampak negatif pada perkembangan otak. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa ibu hamil muda berdiri lama berisiko menghambat perkembangan janin, membuat bayi dengan berat badan rendah alias penyebab berat badan bayi tidak naik hingga berisiko melahirkan bayi prematur.

  2. Berisiko Terkena Varises.

    Tidak hanya berdampak pada kandungan, berdiri lama juga berdampak pada ibu yang mengandung. Jika berdiri terlalu lama membuat otot bekerja lebih keras mengembalikan darah ke tubuh bagian atas. Untuk para ibu yang memiliki pembuluh darah vena atau balik yang lemah, berdiri lama dapat membuat darah terhenti dan vena pun melebar sehingga timbul pengendapan-pengendapan berwarna kebiruan di bagian kaki.

  3. Berisiko Terjatuh dan Pingsan.

    Jika aktivitas berdiri lama di alami oleh ibu hamil yang memiliki hipotensi rendah maka akan membuat suplai darah ke otak berkurang dan akhirnya pusing, pandangan gelap hingga pingsan.Dampak selanjutnya yang dapat terjadi karena pingsan ini dapat mengakibatkan trauma pada kandungan. Selain itu, pingsan diakibatkan karena jaringan otak kekurangan oksigen dan bisa menjadi penyebab janin kekurangan oksigen. Kondisi jantung ibu hamil biasanya kurang stabil dan tidak normal sehingga kerja jantung lemah dan membuat oksigen tidak tersampaikan ke jaringan otak.

  4. Pembengkakan Kaki.

    Tidak hanya mengalami varises atau pembengkakan pembuluh darah vena, ibu hamil yang berdiri lama berisiko memperparah bengkak pada kaki. Kondisi ini disebut edema dimana cairan mengumpul di bagian bawah dan menyebabkan tungkai ibu hamil membengkak.Jangan pernah memaksa tubuh, jika tubuh sudah merasa lelah dan sakit maka beristirahatlah. Jangan memaksa kandungan anda ikut bekerja keras menahan rasa lelah di tubuh. Untuk menghindari berbagai bahaya ini maka wanita hamil dianjurkan jangan terlalu lama berdiri.

Lama Durasi Berdiri Yang Aman Bagi Ibu Hamil

Jika profesi Anda menuntut Anda untuk berdiri kelamaan saat hamil, cobalah untuk menyeimbangkan durasi Anda berdiri dan duduk. Misalnya Anda adalah seorang guru. Daripada seharian penuh mengajar sambil berdiri di depan kelas, duduklah selama beberapa menit.

Ibu hamil sebaiknya duduk sekurang-kurangnya 15 menit dalam waktu satu jam. Itu berarti Anda tidak disarankan untuk berdiri selama lebih dari 45 menit. Maka, perhatikan juga apabila Anda harus berdiri kelamaan di kereta cepat saat berangkat ke kantor. Duduklah setiap ada kesempatan karena Anda tidak tahu berapa lama lagi Anda harus berdiri. Jangan menunda-nunda karena merasa sudah dekat dengan tujuan.

Itulah sekilas ulasan tentang Bahayanya Ibu Hamil Muda Berdiri Lama. Bagi para bunda yang sedang hamil, ini bisa menjadi tambahan wawasan Anda. Semoga artikel di atas bermanfaat.

 

Madu Ibu Hamil AL Mabruroh

Untuk menghindari bayi lahir prematur serta berat bayi lahir yang kurang. Dengan mengkonsumsi MAdu ibu hamil Al Mabruroh kebutuhan dasar untuk janin bisa terpenuhi.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo