Manfaat Besar Dibalik Tanaman Iler

Gambar terkait

Tanaman iler yang sarat dengan manfaat kesehatan, disebabkan adanya minyak atsiri dan antioksidan di dalamnya. Kecantikan warnanya membuat tumbuhan ini sering digunakan sebagai bunga hias. Daun miana termasuk tanaman obat yang mampu mengatasi berbagai jenis penyakit ringan seperti bisul, hingga penyakit berat seperti diabetes dan wasir. Habitat daun iler adalah pematang sawah atau sepanjang pinggir sungai. Nama ilmiah untuk tanaman miana adalah Coleus scutellarioides, tergolong ke dalam keluarga Labiatae.

Bentuk daun iler ini bulat meruncing di ujungnya dan di bagian tepinya bergerigi.Bunganya berwarna putih keunguan. Bila dirasakan, tumbuhan ini agak pahit tapi baunya harum. Tanaman semak ini bisa setinggi orang dewasa. Batangnya segi empat dan lunak sehingga gampang patah. Batang yang patah itu bisa di tancapkan untuk memperoleh tanaman iler yang baru lagi.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Dalam farmakologi Cina, tumbuhan iler memiliki rasa agak pahit dan berbau harum. Bebrapa bahan kimia yang terkandung dalam tumbuhan iler, di antaranya kaya tanin, minyak asiri, lemak, dan phyosterol calcium oxalate. Efek farmakologis tumbuhan iler, di antaranya peluruh haid, penambah nafsu makan, menetralisir racun, menghilangkan gumpalan darah, mempercepat pematangan bisul, dan sebagai obat cacing.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun dan akar iler dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit sebagai berikut :

  1. Mengobati Bisul, Abses, dan Borok.

    Cuci bersih 10 helai dan iler segar, tumbuk sampai halus, lalu tambahkan sedikit air bersih sampai membentuk adonan. Gunakan adonan ini untuk menutup bisul, abses, dan borok, lalu dibalut. Ganti obat dan balut ke,bali 2-3 kali sehari.

  2. Mengobati Cacingan.

    Cuci bersih 7 helai daun iler segar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas air. Setelah dingin, saring, lalu minum sekaligus 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  3. Mengatasi Gangguan Pencernakan.

    Cuci bersih 10 helai daun iler segar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  4. Mengatasi Keputihan.

    Cuci bersih 7 helai daun segar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum sekaligus 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

  5. Mengobati Perut Mules.

    Cuci bersih 3 potong akar iler, potong-kecil kecil, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  6. Mengobati Radang Telinga.

    Cuci bersih 15 lembar dauniler segar, lalu giling halus. Tambahkan 3 sendok makan air matang, lalu aduk sampai rata. Peras hasil adukan lalu saring dengan sepotong kain. Teteskan air yang tersaring pada telinga yang sakit sebanyak 2-3 tetes. Lakukan 4-6 kali sehari.

  7. Mengatasi Terlambat Haid.

    Cuci bersih 7 helai daun iler segar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum sekaligus 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  8. Mengobati Wasir.

    Cuci bersih 25gr daun iler segar lalu rebus dengan 2 gelas air. Tambahkan kedalam air rebusan 1 sendok makan gula merah lalu aduk rata. Setelah air rebusannya tersisa 1 gelas, dinginkan, saring, lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

Mungkin itulah penjelasan tentang manfaat tanaman iler untuk kesehatan tubuh yang berguna mengobati berbagai penyakit yang merugikan tubuh kita agar terhinadar dari penyakit lakukan pengobatan tradisioanal alami.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo