Ungkap Khasiat Tanaman Inggu Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk manfaat inggu

Inggu (Nama Ilmiah : Ruta angusttifolia) adalah sejenis tanaman yang diduga berasal dari Eropa dan Afrika. Dengan banyaknya kegunaan herbal, tidak sedikit yang membudidayakan inggu sekaligus digunakan sebagai tanaman hias yang bisa ditanam pada media pot. Umumnya, inggu mempunyai habitat hidup secara liar dan bisa ditemukan diladang, atau tanah lapang yang mempunyai paparan sinar matahari yang cukup.

Khasiat inggu memang sudah dikenal secara luas bagi beberapa kalangan masyarakat. Tanaman obat yang satu ini wajib ditanam sebagai apotik hidup yang kaya akan fungsi dan kegunaan. Tumbuhan inggu ini mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk tubuh yaitu mengobati penyakit-penyakit yang merugikan tubuh kita.

Di Jawa, tumbuhan yang dapat menimbulkan iritasi lokal ini sering ditanam di kebun pada daerah pegunungan sampai ketinggian 1.000 m dpl. Terna, tumbuh tegak, tinggi mencapai 1,5 m, batang berkayu, silindris, ramping. Percabangan banyak, lemah, seluruh bagian bila diremas berbau tidak sedap. Daun majemuk menyirip ganda, letaknya berseling, dengan anak daun lanset atau bulat telur sungsang, pangkal menyempit, ujung tumpul, tepi rata, pertulangan tidak jelas, panjang 8 – 20 mm, lebar 2 – 6 mm, warnanya hijau muda. Bunga majemuk dalam malai rata, keluar di ujung ranting, dengan mahkota berbentuk rnangkok warna kuning terang. Buah kecil, lonjong, terbagi menjadi 4 – 5 kotak, warnanya cokelat. Biji kecil berbentuk ginjal, warnanya hitam. Di Eropa dikenal sebagai turnbuhan obat penolak guna-guna. Minyak esensialnya digunakan untuk pembuatan parfum dan kosmetik. Perbanyakan dengan setek batang.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Inggu memiliki rasa pahit, berbau aromatik, tetapi sedikit beracun. Beberapa bahan kimia yang terkandung pada inggu, antara lain minyak terbang, fenol, ester, rutin, glukosida, zat samak, skimianin, kokusaginin, dan beragapten. Sementara itu, efek farmakologis yang dimiliki oleh inggu, di antaranya anti-kejang dan obat penenang.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun inggu beserta tangkai atau tanpa tangkai dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  • Mengobati Demam.

    Cuci bersih setengah genggam herba inggu segar lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa dua perempat gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum 3 kali sehari bersama 1 sendok makan madu, masing-masing tigaperempat gelas ramuan.

  • Mengobati Eksim dan Gudik.

    Cuci bersih 20 helai daun inggu, 1 jari kunyit, dan 1 sendok teh beras. Tumbuk semua bahan sampai halus, tambahkan sedikit air sehingga membentuk adonan. Gosokkan adonan secara merata pada kulit yang terkena eksim atau gudik.

  • Mengobati Kejang-kejang.

    Cuci bersih 15-20gr daun inggu segar, potong kecil-kecil, lalu rebus dengan 2 gelas sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

  • Mengobati Sakit Gigi.

    Cuci bersih 3 helai daun inggu segar lalu tumbuk sampai halus. Masukkan hasil tumbukan ke gigi yang berlubang lalu tutup dengan kapas.

  • Mengobati Sakit Lever.

    Cuci bersih 7 helai daun inggu segar lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, saring, lalu bagi menjadi 2 bagian yang sama. Minum air rebusan 2 kali sehari bersama 1 sendok teh gula batu, masing-masing tigaperempat gelas.

Kontra Indikasi : wanita hamil dilarang minum ramuan daun inggu.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo