Penyakit Kandung Kemih Bengkak

Related image

Kandung kemih merupakan sebuah organ yang menjadi tempat penyimpanan urine sebelum dikeluarkan dari dalam tubuh. Organ tersebut dapat terinfeksi, menyebabkan peradangan dan dapat membuat ginjal anda terasa sakit. Jika dibandingkan pria, wanita memiliki resiko 3x lebih mungkin untuk mengalami peradangan pada kandung kemih. Karena saluran kemih wanita lebih pendek dibandingkan dengan saluran kemih pada pria.

Siapa saja bisa mengalami hal ini. Baik itu anak-anak, dewasa maupun lansia. Bahkan seorang wanita hamil pun bisa mengalami hal ini, terutama mereka yang aktif secara seksual. Meskipun penyakit ini lebih sering menyerang seorang wanita, namun pria berada didalam resiko yang lebih besar. Karena pembengkakan tersebut bisa menjadi gejala awal dari penyakit prostat, mengingat prostat susah disembuhkan dan tak jarang dari para pasiennya yang harus melakukan operasi.

Gejala Kandung Kemih Bengkak

Adapun gejala-gejala yang dirasakan oleh penderita kandung kemih bengkak, meliputi:

  • Nyeri saat kencing, perih dan terasa terbakar
  • Tubuh terasa lemah dan di iringi demam
  • Timbul perasaan ingin kencing (seperti anyang-anyangan)
  • Urine yang keluar hanya sedikit
  • Warna urine menjadi lebih gelap dengan aroma yang kuat
  • Timbul perasaan nyeri dibagian bawah perut

Gejala penyakit yang ditimbulkan orang dewasa dan anak kecil sangatlah berbeda. Jika diatas merupakan gejala umum yang sering dimiliki oleh orang dewasa. Berikut beberapa tanda jika anak-anak yang menderita pembengkakan kandung kemih:

  • Tubuh lemas
  • Rewel atau mudah marah
  • Tidak nafsu makan
  • Muntah-muntah
  • Menangis atau merengek karena sakit saat buang air kecil

Cara Mencegah Pembengkakan Saluran Kencing

Untuk sebuah gangguan kesehatan atau penyakit, tentu mencegah adalah lebih penting dibandingkan mengobati. Di bawah ini merupkan cara bagaimana mencegah pembengkakan kandung kemih, yang diataranya adalah:

  • Jangan menahan untuk kencing atau BAB
  • Anda harus menjaga agar pergerakan BAB teratur dan jangan abaikan ‘alarm’ untuk BAB atau dengan kata lain jangan mencoba untuk sering menahan BAB
  • Segera lakukan konsultasi dengan dokter apabila terjadi kebocoran air kencing yang tidak dapat dikendalikan, merasa sakit saat buang air kecil atau air kencing anda bercampur dengan darah
  • Agar tidak terkena Pembengkakan Saluran Kencing anda harus melakukan pola hidup hidup sehat dengan berolahraga teratur dan menjaga berat badan tetap ideal.

Jika gejala-gejala yang telah disebutkan di atas tadi sudah dirasakan, pastikan Anda melakukan beberapa pantangan seperti libur dari berhubungan intim bersama pasangan. Hindari konsumsi minuman beralkohol, menghindari pakaian yang menekan area kandung kemih atau perut, jangan konsumsi kopi, makan pedas, dll.

Cara Mengatasi Pembengkakan Kandung Kemih

Beberapa cara dibawah ini juga bisa digunakan untuk mengatasi pembengkakan kandung kemih, yang diataranya adalah sebagai berikut:

  1. Teknik Perilaku.

    Merupakan cara mengendalikan kandung kemih dan otot sphincter. Cara ini membantu anda untuk mengendalikan keinginan untuk kencing. Teknik pengobatan ini dianjurkan bagi penderita pembengkakan dorongan. Dan bisa saja saat terapi anda diminta untuk mengurangi minum.

  2. Rehabilitasi Otot Pelvis.

    Adalah olahraga sepertisenam kegel bisa digunakan untuk membantu memperkuat otot lemah yang memopang kandung kemih. Penanganan lain adalah dengan mencatat feedback biologis dan latihan lantai yang berguna menstimulasi tulang pinggul.

  3. Pengobatan Menggunakan Antibiotik.

    Terapi pergantian hormon (HRT) dan obat lainnya untuk kandung kemih atau melakukan pengendalian otot kandung kemih yang bisa digunakan mengatasi infeksi air kencing, penggantian hormon dan memperkencang otot kandung kemih yang lemah.

  4. Operasi.

    Ini adalah pilihan terakhir apabila cara sebelumnya tidak berhasil. Operasi yang dilakukan tergantung pada jenis dan penyebab pembengkakan kandung kemih. Operasi dianjurkan untuk wanita yang mengalami pembengkakan tekanan. Saat ini terdapat prosedur yang menggunakan pita bebas tekanan atau TVT (tension-free tape) untuk mengembalikan kandungan kemih ke posisi aslinya.

Jaga selalu kesehatan diri kita dengan menghindari hal-hal yang dapat memicu gangguan fungsi organ tubuh kita. Lebih baik menghindari dan mencegah dibandingkan dengan mengobati. Semoga informasi penyakit kandung kemih bengkak di atas bisa menambah ilmu pengetahuan dunia kesehatan.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo