Penyakit Kencing Batu

Image result for kencing batu

Kencing batu merupakan benjolan keras yang dapat terbentuk di dalam kandung kemih ketika itu tidak benar-benar kosong dari urin. Penyakit kencing batu tidak menimbulkan gejala apapun jika batu cukup kecil untuk melewati kandung kemih saat buang air kecil. Namun, kebanyakan orang dengan penyakit kencing batu mengalami gejala karena batu mengiritasi dinding kandung kemih atau menghalangi aliran urin.

Penyakit kencing batu dapat menyerang siapa saja, oleh karena Anda perlu mengenali ciri-ciri kencing batu sejak dini agar dapat ditangani secepatnya. Secara statistik, pria memiliki risiko lebih tinggi terkena kencing batu daripada wanita. Namun tentu saja wanita tetap harus berhati-hati karena saat ini angka kejadian kencing batu pada wanita juga mengalami peningkatan.

Faktor usia juga dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena kencing batu. Pada orang yang berusia lebih dari 60 tahun berisiko lebih besar untuk menderita kencing batu daripada usia di bawahnya. Namun untuk saat ini, banyak orang yang masih muda dapat menderita penyakit kencing batu karena dipicu oleh faktor pola gaya hidup yang tidak sehat.

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan kencing batu, antara lain yaitu karena penurunan fungsi filtrasi ginjal baik akibat faktor usia atau karena infeksi bakteri, faktor genetik, penumpukan zat-zat pembentuk batu ginjal akibat konsumsi suplemen atau zat-zat kimia tertentu, kurangnya asupan air putih, dan akibat sering menahan kencing. Batu pada saluran kencing berdasarkan unsur pembentuknya ada beberapa jenis, yaitu batu kalsium oksalat, batu struvit, batu asam urat, batu sistina, dan batu kalium fosfat.

Ciri-ciri Kencing Batu

Batu pada saluran kencing ada yang berukuran kecil maupun berukuran besar. Semakin besar ukurannya maka akan semakin menyumbat saluran kencing dan menimbulkan banyak keluhan. Jenis tekstur, dan lokasi batu juga mempengaruhi berat ringannya gejala yang ditimbulkan. Berbagai ciri-ciri kencing batu yang dapat dikenali antara lain sebagai berikut:

  • Nyeri Saat Buang Air Kecil.

    Ciri-ciri kencing batu yang paling umum yaitu adanya rasa nyeri saat buang air kecil. Intensitas nyeri antara orang yang satu dengan yang lain tentunya berbeda-beda. Ada yang biasa saja tetapi ada juga yang sampai terjadi nyeri sangat hebat. Frekuensinya pun ada yang hanya kadang-kadang tetapi ada juga yang terjadi sangat sering. Perbedaan nyeri ini dapat dipengaruhi oleh di mana batu tersebut berada serta ukuran besar-kecilnya batu. Nyeri biasanya juga disertai rasa panas saat berkemih. Penderita kencing batu biasanya mempunyai hasrat yang tinggi untuk selalu berkemih tetapi air kencing yang dihasilkan hanya sedikit, atau dalam istilah orang jawa disebut anyang-anyangan.

  • Adanya Darah Dalam Urine.

    Terdapatnya darah dalam urine atau sering disebut sebagai hematuria, merupakan ciri-ciri kencing batu yang terjadi akibat iritasi pada saluran kencing. Adanya batu yang dapat berukuran besar dan mempunyai tekstur yang agak tajam ketika melewati ureter, dapat mengiritasi saluran tersebut dan memicu perdarahan pada dinding-dindingnya. Dan darah tersebut akan bercampur dengan urine sehingga air kencing menjadi berwarna merah atau kecoklatan. Jika terdapat ciri seperti ini, maka sebaiknya Anda segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

  • Sakit Pinggang.

    Sakit pinggang juga merupakan ciri-ciri kencing batu yang sering dikeluhkan penderitanya. Sakit pinggang ini terjadi karena adanya batu pada saluran kencing baik di ginjal, ureter, maupun di kandung kemih yang mengiritasi atau menimbulkan reaksi pada area-area tersebut sehingga memberikan respon nyeri pada daerah pinggang, baik di kanan maupun di kiri. Nyeri ini dapat dirasakan sekedar pegal-pegal biasa atau dapat pula terjadi nyeri yang hebat pada pinggang. Rasa nyeri ini dapat menyebar ke area sekitar pinggang, seperti punggung dan tulang rusuk.

  • Nyeri Perut Bagian Bawah.

    Nyeri perut pada bagian bawah mengacu ketidaknyamanan. Ini mengembangkan di bawah tulang rusuk dan di atas panggul. Biasanya, rasa sakit akan tambah buruk pada satu sisi tubuh Anda. Nyeri perut memanglah kejadian yang normal, akan tetapi sebagian rasa sakit ini dapat begitu mengganggu karena frekuensi atau tingkat keparahannya. Nyeri perut pada bagian bawah bisa menandakan adanya penyakit kencing batu. Rasa nyeri pada perut bagian bawah bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit keencing batu.

  • Sering Buang Air Kecil.

    Sering buang air kecil dimana Anda buang air kecil lebih sering dari biasanya, hal ini sering terjadi pada penderita kencing batu, kadnag-kadang dapat terjadi dengan buang air kecil yang mendesak atau secara tiba-tiba dorongan yang kuat saat buang air kecil, bersama dengan ketidaknyamanan di dalam kandung kemih.

Penyebab Terjadinya Penyakit Kencing Batu

  1. Pembesaran kelenjar Prostat.

    Prostat membesar (benign prostatic hyperplasia) dapat menyebabkan batu kandung kemih pada pria. Prostat yang membesar dapat menghambat aliran urine, mencegah pengosongan lengkap kandung kemih.

  2. Saraf yang Rusak (neurogenic bladder).

    Biasanya, saraf membawa pesan dari otak ke otot-otot kandung kemih Anda, mengarahkan otot kandung kemih Anda untuk mengencangkan atau rilis. Jika saraf ini rusak, cedera tulang belakang atau masalah kesehatan lainnya, kandung kemih Anda mungkin tidak kosong sepenuhnya. Dan hal tersebut dapat berdampak pada penyakit kencing batu.

  3. Peradangan.

    Peradangan pada kandung kemih, kadang-kadang disebabkan oleh infeksi saluran kemih atau terapi radiasi ke panggul, dan dapat menyebabkan batu kandung kemih.

  4. Alat Kesehatan.

    Kandung kemih kateter atau tabung ramping dimasukkan melalui uretra untuk membantu menguras air seni dari kandung kemih, dan penggunaan alat tersebut dapat menyebabkan batu kandung kemih. Jadi, bisa benda yang sengaja bermigrasi ke kandung kemih, seperti alat kontrasepsi atau stent kemih. Kristal mineral yang menudian menjadi batu, cenderung terbentuk pada permukaan perangkat ini.

  5. Batu Ginjal.

    Batu yang terbentuk di ginjal tidak sama dengan batu kandung kemih. Mereka berkembang dalam cara yang berbeda. Tapi batu ginjal kecil mungkin dapat berjalan ke ureter ke dalam kandung kemih Anda dan jika tidak di usir dapat tumbuh menjadi batu kandung kemih.

Itulah artikel tentang penyakit kencing batu. Semoga bermanfaat untuk kita. Jaga kesehatan selalu dengan mengkonsumsi makanan dehat dan pola hidup yang sehat juga.

 

Bio7 Bioactiva Series

Bio7 secara alami juga membantu mengatasi lebih dari 70 jenis penyakit antara lain Diabetes, Wasir, Darah Rendah, Asam Urat, Asma, tekanan darah tinggi, demam berdarah, kolestrol, jantung, kencing batu, tbc.flek paru, tumor/kanker, stroke, anemia, leukimia, reumatik, dll.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo