8 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Jahe adalah salah satu jenis rempah yang biasa digunakan para ibu untuk bumbu masakan. Ada beberapa jenis jahe, salah satunya jahe merah. Sesuai dengan namanya, jahe merah memiliki warna yang berbeda dengan jenis jahe lainnya yaitu berwarna kemerahan. Kandungan  minyak astiri jahe merah lebih banyak disbanding jenis jahe lainnya sehingga jahe ini memiliki rasa yang lebih pedas dibanding jahe jenis lainnya. Jahe merah memiliki ukuran yang lebih kecil dan serat yang lebih banyak. Jahe merah mudah tumbuh di daerah terbuka atau tempat yang agak ternaung, seperti pekarangan dan kebun. Jahe merah dapat tumbuh pada ketinggian 0-900 meter di atas permukaan laut.

Daun jahe merah berbentuk sempit menyirip seperti tanaman padi dengan panjang sekitar 15-23 cm dan lebar 8-15 cm. tangkai daun berbulu halus dengan bunga berwarna hijau kekuningan dan tangkai putik berjumlah dua. Batangnya merupakan batang semu dengan tinggi 30-100 cm. akarnya berbentuk rimpang dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan jahe putih. Baunya sangat menyengat.

Dalam penggunaannya, jahe merah sering dikombinasikan dengan tanaman lainnya sebagai obat herbal. Berikut manfaat jahe merah untuk kesehatan:

Mengobati Mual dan Masuk Angin

Masalah yang timbul pada pencernaan akan membuat perut mual dan ingin muntah, kondisi tersebut juga bisa terjadi pada seseorang yang mengalami masuk angin. Jangan langsung minum obat warung untuk mengatasinya. Cobalah untuk meminum air jahe hangat agar lambung menjadi nyaman dan hangat.

Mengobati Alergi

Jahe memiliki sifat anti alergi karena di dalamnya mengandung senyawa yang sangat efektif untuk mengurangi rasa gatal akibat alergi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika anda ingin memiliki daya tahan tubuh yang bagus, sehingga tubuh kebal terhadap berbagai macma penyakit, anda sangat dianjurkan untuk meminum wedang jahe. jahe dikenal meningkatkan sistem imun dengan melawan bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Jahe berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah dan menjadikannya sebagai panas tubuh. jahe mengandung sedikit kalori yang tidak akan menyebabkan berat badan naik meski dikonsumsi terus-menerus. Usahakan tidak menambahkan terlalu banyak gula saat minum jahe.

Mengatasi Mabuk Perjalanan

Minum wedang jahe sebelum berkendaraan jauh bisa mencegah mabuk perjalanan, karena jahe bersifat anti mual. Selain itu jahe juga bisa dijadikan bekal dalam perjalanan untuk menghangatkan badan.

Menjaga Kondisi Jantung

Jika tubuh kebanyakan menyimpan kolesterol dan minyak, maka akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Kandungan dalam jahe berperan sebagai penurun kolesterol atau kadar trigliserida yang berlebih pada tubuh.

Mengatasi Morning Sickness

Biasanya ibu hamil akan mengalami mual pada pagi hari karena pencernaan yang terganggu. Untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa minum wedang jahe atau kopi hangat setiap kali merasakan mual di pagi hari.

Mengobati Sakit Kepala

Bekerja seharian bisa memicu stress yang berlebih, hal ini bisa mendatangkan penyakit lainnya. Oleh sebab itu, setelah pulang cobalah untuk menikmati secangkir wedang jahe untuk menyegarkan pikiran serta membuat tubuh merasa nyaman.

Artikel Terkait

Karyawan baru Istana