Jahe Merah untuk Mengobati Asma

Hasil gambar untuk asma

Asma merupakan salah satu masalha kesehatan yang terkait dengan sistem pernapasan. Seseorang yang menderita asma akan mengalami lesulitan bernafas ketika kambuh. Serangan asma terjadi karena adanya penyumbatan pada saluran pernafasan sehingga penderita mengalami sesak nafas, batuk , hingga merasakan rasa sakit di dada. Seseorang yang menderita asma biasanya berasal dari keluarga yang memiliki riwayat penyakit asma.  Masalah kesehatan ini diturunkan secara genetika. Gejala serangan asma biasanya dipicu karena alergi terhadap polusi udara ataupun suhu dingin. Alergi merupakan pemicu umum yang menyebabkan munculnya serangan asma. Beberapa penyakit alergi seperti debu, jamur, ataupun bulu dan ketombe hewan merupakan beberapa penyebab yang cukup lazim.

Ukuran jahe merah terbilang lebih kecil dibandingkan jahe varietas lainnya, namun kandungan minyak astiri jahe merah ini paling tinggi sehingga rasa pedas dan hangat yang dihasilkan juga melebihi jahe varietas lain. Sujiwo pramono mengungkapkan bahwa efek atau khasiat berupa antihistamin dari jahe merah merupakan alasan utama mengapa jahe jenis ini dapat meredakan serangan asma. Rasa pedas pahit pada jahe merah dihasilkan oleh kandungan minyak astiri oleoresin dan gingeral di dalamnya. Rasa hangat di badan yang dihasilkan setelah mengonsumsi jahe merah dapat menurunkan risiko mengalami serangan asma bagi seseorang yang telah didiagnosa memiliki asma.

Membuat ramua herbal berbahan jahe merah untuk mengatasi asma

Mengonsumsi ramuan herbal berbahan jahe merah selama 2 hingga 3 minggu dengan jumlah konsumsi 2 hingga 3 kali sehari dapat mengurangi masalah asma yang dimiliki seseorang. Cara membuat ramuan herbal untuk mengatasi dan mencegah serangan asma adalah dengan cara menyiapkan jahe merah dengan berat 250 gram per hari untuk dikonsumsi 1 orang penderita asma. Cuci jahe merah hingga bersih dari kotoran berupa tanah dan debu yang menempel tanpa dikupas. Potong jahe merah yang telah dibersihkan dengan bentuk tipis-tipis dan rebus dalam 500 mlair. Rebusan air jahe merah ini dapat ditambah dengan gula merah atau gula aren untuk menambahkan rasa manis agar rasa pedas larutan tersebut sedikit berkurang. Minum 2 hingga 3 kali sehari dengan volume penyajian sebanyak 1 gelas setiap kali minum. Hangatkan setiap kali ramuan obat herbal tersebut akan dikonsumsi. Dengan konsumsi teratur maka penderita asma memperoleh manfaat dari jahe merah.

Sebelum mengonsumsi ramuan tersebut, alangkah lebih baiknya bila anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Artikel Terkait

Karyawan baru Istana