Khasiat Jahe Merah Untuk Kesehatan Anda

Hasil gambar untuk manfaat jahe merah

Jahe adalah salah satu jenis rempah yang biasa digunakan para ibu untuk bumbu masakan. Ada beberapa jenis jahe, salah satunya adalah jahe merah. Jahe merah (nama ilmiah : Zingiber officinale Linn. Var. rubrum) memiliki kandungan minyak atsiri yang paling banyak di bandingkan dengan jenis jahe lainnya. Minyak inilah yang membuat jahe memiliki rasa yang pedas dan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat dan jamu tradisional. Jahe merah juga beraroma sangat tajam.

Rimpang jahe merah berukuran kecil dengan balutan kulit berwarna merah dan menyimpan serat lebih banyak dibanding jahe biasa. Jahe merah mudah tumbuh di tempat yang terbuka ataupun tempat yang agak ternaung, seperti pekarangan dan kebun. Selain itu juga bisa tumbuh di tanah kering atau gembur, dengan ketinggian mencapai 900 meter diatas permukaan laut. Dalam penggunaannya sebagai obat, jahe merah sering dikombinasikan dengan tanaman herbal lainnya. Jahe merah memiliki manfaat yang lebih besar dibanding jenis jahe lainnya.

Menurut seorang pakar herbal di Bandung, Sarah Kriswanti, jahe merah bersifat imunostimulan yang artinya sanggup menguatkan daya tahan tubuh. Mereka yang mengonsumsi jahe merah mengakui bahwa setelahnya jadi merasa lebih bugar. Efek menghangatkan dari minyak asiri juga bisa membantu meringankan gejala sesak napas penderita asma. Meski begitu, konsumsi jahe merah harus dibatasi sebab senyawa gingerol yang dimilikinya cukup berpotensi menimbulkan panas dan iritasi lambung.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Jahe merah memiliki rasa pedas dan bersifat hangat. Beberapa bahan kimia dalam jahe merah, antara lain gingirel, minyak terbang, limonene, α-linolenic acid, aspartic, β-sitosterol, tepung kanji, caprylic acid, capsaicin chlorogenic acid, dan farnesol. Sementara itu, efek farmakologis yang dimiliki oleh jahe merah, antara lain merangsang ereksi, penghambat keluarnya enzim 5-lipoksigenase dan siklo-oksigenase serta meningkatkan aktivitas kelenjar endokrin. Selain itu jahe merah juga memiliki efek farmakologis untuk memperlambat proses penuaan, merangsang regenerasi sel kulit, dan bahan pewangi.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Rimpang jahe merah dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  • Mengobati batuk Kering Menahun.

    Kunyah 15gr akar rimpang (rhizoma), ambil airnya, lalu telan. Lakukan 3 kali sehari pada pagi, siang, dan sore setelah makan pada jumlah yang sama.

  • Mengobati Bekas Gigitan Ular.

    Tumbuk halus 10-15gr jahe bersama setengah sendok teh garam lalu tapalkan ramuan pada bagian yang terkena gigitan ular. Ramuan ini hanya sebagai pertolongan pertama.

  • Mengobati Gatal-gatal, Luka Leccet, Terkena Duri, dan Luka Tikam.

    Haluskan 15gr jahe, 3 siung bawang merah, lalu tempelkan di tempat luka. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

  • Melestarikan Gairan Seksual.

    Tumbuk sampai halus 10gr jahe merah, 30gr lengkuas (Languas galanga L), dan 5gr lada (Piper ningrum L). Peras 1 buah mengkudu (Morinda citrifolia L) lalu campurkan air kedalam hasil tumbukan bersama 1 gelas air panas. Peras lalu saring campuran bahan di atas sampai diperoleh segelas air ramuan. Tambahkan kedalamnya5gr garam dapur, aduk sampai rata, lalu bagi menjadi 2 bagian, masing-masing unutk suami dan istri. Minum bersama 1 sendok makan madu.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

    Cuci bersih 20gr jahe merah, 20gr temulawak, 20gr lempuyang wangi, dan 10gr biji ketumbar. Iris tipis-tipis jahe merah, temulawak, dan lempuyang wangi lalu jemur sampai kering. Tumbuk halus semua bahan bersama ketumbar sampai menjadi bubuk lalu simpan dalam toples. Penggunaan ramuan ini adalah seduh 1 sendok makan bubuk dengan setengah gelas air mendidih. Tambahkan 1 sendok makan madu, aduk sampai rata, lalu minum ramuan 2 kali sehari dengan jumlah yang sama.

  • Sebagai Obat Kuat (afrodisiak).

    Cuci bersih 10gr jahe merah, 10gr biji kucai, 10gr biji pare kering, 15 butir merica, dan 1 sendok tes gula merah. Haluskan semua bahan lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan saat hangat sekaligus. Ulangi 2 kali sehari dengan dosis atau jumlah yang sama. 

Demikian khasiat-khasiat yang terkandung di dalam jahe merah. Terdapat khasiat besar di dalam jahe merah yang tidak kalah dengan jahe biasa. Semoga artikel di atas dapat menambah pengetahuan tentang obat-obatan tradisional disekitar kita.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo