Mengenal Manfaat Jahe Lainnya Untuk Kesehatan

Related image

Jahe merupakan jenis tanaman herbal yang sudah sangat terpercaya, khususnya oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dapat terlihat pada olahan jahe yang biasa dinikmati sebagai minuman penghangat disaat cuaca dingin. Bahkan sifat jahe yang dapat menghangatkan badan ini, telah banyak digunakan oleh produsen obat-obatan yang mengatasnamakan jahe sebagai bahan racikan di dalam obat-obatan tersebut.

Jahe yang memiliki nama ilmiah Zingiber Officinale ini merupakan salah satu tanaman rimpang yang populer untuk digunakan sebagai rempah-rempah dan juga sebagai bahan obat. Rimpangnya yang berbentuk jemari yang menggembung pada ruas-ruas tengah. Rasa pedas yang dominan pada jahe disebabkan karena senyawa keton bernama zingeron.

Di zaman modern sekarang ini, pemanfaatan tanaman jahe semakin meluas. Jahe telah banyak dibudidayakan secara luas di berbagai Negara di Asia, Afrika dan Karibia untuk dimanfaatkan di seluruh dunia. Komisi E Jerman bahkan menyetujui penggunaan tanaman jahe ini sebagai pengobatan untuk mengatasi dispepsia dan juga mencegah infeksi.  Beberapa penelitian telah membuktikan manfaat jahe bagi kesehatan yang sudah terbukti selama ribuan tahun lamanya.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Tumbuhan jahe memiliki bau aromatik, rasa pedas, hangat dan tidak beracun. Rimpang jahe mengandung minyak asiri. Minyak asiri tersebut terdiri dari n-nonylaldehide, d-camphene, d-β-phellandrene, methyl heptenone, cineol, d-borneol, geraniol, lonalool, acetates, caprylate, citral, chavicol, gengerol, shogaol, dan zingiberene. Selain itu, rimpang jahe juga mengandung resin tepu kanji dan serat. Efek farmakologis jahe adalah menambah nafsu makan, memperkuat lambung, peluruh kentut, peluruh keringat, pelancar sirkulasi darah, penurun kolesterol, antimuntah, antiradang, antibatuk, dan memperbaiki pencernaan. Hal ini dimungkinkan karena terangsangnya selaput lendir perut besar dan usus oleh minyak yang dikeluarkan rimpang jahe.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Rimpang adalah abgian tanaman jahe yang sangat bermanfaat bagi pengobatan penyakit. Berikut beberapa penyakit yang bisa disembuhkan oleh tanaman jahe.

  • Mengobati Rematik.

    Siapkan 1 atau 2 buah rimpang jahe. Panaskan rimpang tersebut diatas api atau bara, kemudian tumbuk. tempel tumbukan jahe pada bagian tubuh yang sakit rematik.

  • Mengobati Sesak Nafas (Asma).

    Ambil 10gr jahe, 10 kuntum bunga knop (Gomphrena globusa L.), tambahkan 2 gelas air dan rebus hingga tersisa 1 gelas, saring airnya dan minum sekaligus saat masih hangat.

  • Mengobati Eksim.

    Parutlah lobak, lalu campurkan dengan air jahe. Air jahe dapat diperoleh dengan cara rimpang jahe diparut, lalu diperas. Oleskan ramuan kebagian kulit yang terkena eksim. Biasanya dalam waktu 2 minggu saja penyakit sudah berkurang.

  • Mengobati Saraf Muka yang Sakit.

    Bahan ramuan terdiri atas campuran kentang, tepung terigu, dan jahe. Caranya adalah kentang diparut, lalu ditambahkan tepung terigu dan bubuk jahe. Setelah itu, ramuan ditambahkan sedikit air hangat. Ramuan ditempelkan pada bagian muka yang sakit. Pengobatan dilakukan hingga penyakitnya sembuh.

Jahe mempunyai jenis lainnya yaitu jahe merah yang tidak kalah fungsinya untuk kesehatan tubuh kita, baca dan kenali Khasiat Jahe Merah Untuk Kesehatan Anda

Semakin banyak fakta manfaat jahe lainnya. Jahe bukan sekedar rempah-rempah penghangat tubuh namun juga sebagai obat-obatan tradisional untuk menjaga kesehatan tubuh. Nah sekarang sudah tambah tahu kan manfaat jahe lainnya selain yang telah dijabarkan pada blog sebelumnya yang berjudul Jahe. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk yang membacanya.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Jahe

    Jahe Jahe  (Zingiber Officinale Rosc)  adalah jenis rempah yang digunakan pada hamper semua kuliner Asia dan India. J...

online istana solo