6 Manfaat Besar Jambu Biji

Hasil gambar untuk jambu biji

Tahukah Anda tentang manfaat buah jambu biji? Sebagai jenis tumbuhan tropis, jambu biji banyak dijumpai di Indonesia. Pohonnya banyak tumbuh di pekarangan sekitar rumah. Kita tidak perlu menanamnya, kadang pohon tersebut tumbuh sendiri. Pohon itu tumbuh dari biji yang sempat terbawa oleh hewan pemakan buah. Jambu biji pertama dibudidayakan di Brasil. Kemudian didatangkan ke Indonesia dan beberapa negara tropis di Asia Tenggara.

Sampai saat ini, jambu biji semakin banyak ditemukan dengan berbagai jenisnya, misalnya jambu biji merah, jambu biji putih dan jambu biji Bangkok. Selain tumbuh secara liar, pohon jambu biji juga dibudidayakan oleh petani, sebab jambu biji mempunyai nilai jual yang tinggi.

Buah jambu biji mempunyai nama ilmiah Psidium Guajava. Jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Jambu biji adalah salah satu buah yang paling populer di Indonesia dan sangat mudah untuk ditemukan. Beberapa kandungan penting di dalam jambu biji seperti mineral dan vitamin mampu menyehatkan tubuh Anda. Bahkan jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Tumbuhan jambu biji daunnya mempunyai rasa manis, bersifat netral serta mempunyai khasiat pengelat (astringen), antidiare, antiradang, menghentikan pendarahan (hemostatis) dan sebagai peluruh haid. Daun jambu biji mengandung tannin, eugenol (minyak asiri), minyak lemak, damar, zat samak, triterpenoid, dan asam afel. Buahnya berkhasiat antioksidan dengan kandungan beta karoten disamping asam amino (triptofan, lisin), kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C yang tinggi. Efek farmakologis jambu biji, antara lain untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit kanker, dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian tanaman jambu biji yang bisa digunakan sebagai obat adalah akar, buah, daun dan ranting muda. Berikut beberapa pemanfaatan tanaman jambu biji dalam pengobatan.

  • Mengobati Diare.

    Rebus daun jambu biji segar seberat 30gr bersamaan dengan segenggam tepung beras dan air 1-2 gelas. Air rebusan ini diminum 2 kali sehari. Cara linny adalah 3 lembar daun jambu biji muda segar dikunyah dengan sedikit garam, lalu ditelan. Lakukan pengobatan sehari 2 kali.

  • Mengobati Sariawan.

    Rebus 1 genggam daun jambu biji segar dan 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air. Saring air hasil rebusan. Minum ramuan hasil saringan sebanyak 2 kali sehari.

  • Mengobati Luka Berdarah atau Borok di sekitar Tulang.

    Lumatkan daun jambu biji segar. Tempelkan lumatan daun ini ditempat yang sakit. Lakukan pengobatan beberapa kali sehari.

  • Mengobati Kencing Manis. Ambil 1 buah jambu biji yang masih mengkal, lalu potong-potong. Selanjutnya, rebus potongan jambu biji dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas. Saring air rebusan terlebih dahulu sebelum diminum 2 kali sehari.
  • Mengobati Ambeien.

    Ambilah beberapa lembar daun jambu batu muda atau pucuknya dan sebuah pisang batu. Cuci bersih kedua bahan tersebut. Selanjutnya, tumbuk semua bahan tanpa mengupas pisang batu terlebuh dahulu. Tamping air perasannya, lalu minum. Lakukan pengobatan setiap hari secara teratur. Walaupun rasa sakit telah hilang, air ramuan tetap diminum supaya penyakit benar-benar sembuh.

  • Mengatasi Kembung Pada Anak-anak.

    Petik 3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar. Rebus daun tersebut dengan 2 cangkir air bersama setengah jari kulit batang pulosari dan 5 butir adas. Perebusan dilakukan hingga air tinggal 1 cangkir saja. Sebelum diminum sebaiknya air rebusan disaring. Anak berumur 3 tahun dapat diberi cairan ini sehari 3 kali sebanyak 2 sendok makan, sedangkan anak yang lebih tua diberi sehari 1 cangkir.

Buah jambu biji bisa dikonsumsi secara langsung, dibuat jus, atau dimasukkan ke dalam campuran bahan makanan lainnya. Sehingga Anda pun bisa mengonsumsinya tanpa takut merasa bosan.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo