Jangan Remehkan Masuk Angin

Jangan Remehkan Masuk Angin

             Banyak yang menganggap masuk angin sebagai penyakit ringan dan tidak membahayakan. Namun anda perlu mengetahui penanganan yang tepat untuk penyakit yang satu ini. Masuk angin terjadi karena gas yang berkumpul dan tidak merata ke dalam tubuh. Istilah masuk angin sebenarnya tidak ada dalam literature kedokteran karena belum ada bukti medis yang mendukung klaim terhadap penyakit ini.

             Gejala umum yang sering dialami adalah perut kembung, pegal-pegal, pusing kepala, mual, meriang atau demam. Gejala dan penyebab penyakit yang satu ini hampir sama seperti influenza.

             Masuk angin sering disebabkan karena badan terlalu lelah atau cuaca yang kurang bisa diterima oleh tubuh.terlalu lama berada di ruangan dengan pendingin udara ditambah terlambat makan dapat memicu terjadinya masuk angin. Karena angin akan mengisi perut yang kosong akibat tidak terisi makanan. Sehingga perut akan terasa kembung dan penuh karena menyimpan banyak gas.Kurang tidur  juga bisa menyebabkan masuk angin. Hal ini dikarenakan kondisi tubuh kita yang akan menurun bila kurang tidur. Namun pada beberapa orang, masuk angin merupakan suatu penyakit langganan karena sistem imun mereka yang lemah dan mengganggu kegiatan sehari-hari.  penyebab lain dari masuk angin adalah salah makan, terlalu banyak tertawa, dan kurang kentut.

Masuk angin dapat ditangani dengan ramuan herbal seperti dibawah ini:

  • Jahe

Jahe berperan menangani gangguan di perut, seperti nyeri, mual, perut kembung, dan diare. Selain itu tanaman ini juga bisa menagani penyakit akibat infeksi bakteridan virus.

  • Adas

Herba beraroma sedap ini jika dikeringkan dapat digunakan sebagai bahan penyedap masakan. Sementara biji dan minyak adas digunakan untuk menangani gas pada usus, perut kembung, nyeri ulu hati, bronchitis, hingga kolik pada bayi.

  • Daun mint

Tanaman ini digunakan untuk menangani gangguan pencernaan, seperti muntah, perut kembung, idare, kehilangan nafsu makan, demam, sakit kepala, hingga sakit tenggorokan.

         Selain itu hindari mengonsumsi minuman es karena akan memperparah masuk angin. Sebaiknya gunakan minuman hangat sampai anda benar-benar sembuh seperti the hangat atau jahe hangat. Untuk lebih menghangatkan badan, oleskan minyak telon atau minyak kayu putih terutama di daerah perut. Anda juga bisa menghilangkan masuk angin dengan cara kerokan. Namun kerokan tidak terlalu dianjurkan bagi mereka yang tekanan darahnya tinggi karena dapat memicu gejala stroke terutama kerokan di daerah leher.
            Mengonsumsi buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu anda lebih kebal terhadap penyakit termasuk penyakit masuk angin. Buah yang mengandung vitamin C biasanya memiliki rasa kecut seperti jeruk, tomat, dan stroberi. Untuk anda yang menderita sakit magh, dan tidak bisa memakan buah yang terlalu kecut, and dapat mengonsumsi daun papaya yang telah dicuci dan dimasak terlebih dahulu. Air rebusan daun papaya juga dapat diminum untuk menyembuhkan masuk angin.
Demikianlah cara yang bisa diatasi untuk mengatasi gejala masuk angin. Masuk angin harus segera ditangani agar tidak berubah menjadi penyakit berbahaya dan serius. Bila masuk angin sudah parah, sebaiknya konsultasikan penyakit anda kepada dokter.
baca Selengkapnya