Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Jantung Koroner

Hasil gambar untuk jantung koroner

Dalam jangka waktu 30 tahun terakhir, penyakit jantung koroner menjadi salah satu pembunuh utama di kawasan Asia Tenggara. Di era modern seperti sekarang ini, teknologi berkembang dengan sangat pesat. Masyarakat menjadi lebih terbantu oleh adanya teknologi tersebut. Masyarakat cenderung memilih cara praktis dan instant untuk segala sesuatu yang mereka lakukan.  Pola hidup serba instant ini memang memberikan efek positif dari segi kepraktisan dan waktu.

Namun pola hidup ini juga bisa memberikan efek negative untuk kehidupan sehari-hari.  Termasuk dalam hal makanan dan minuman. Orang-orang menjadi malas untuk memasak masakan karena membutuhkan waktu lama dan repot. Sehingga banyak orang lebih memilih makanan dan minuman instant yang lebih praktis dan mudah didapat. Asupan makanan yang tidak sehat serta kurang berolahraga menjadikan radikal bebas mudah masuk ke dalam tubuh dengan bebas. Akibatnya, muncul berbagai penyakit seperti jantung koroner.

Jantung koroner atau sering disebut jantung iskemik merupakan salah satu gangguan pada organ jantung yang terjadi akibat dari menyempitnya pembuluh darah arteri koroner, dapat menghambat pasokan oksigen yang masuk ke jantungbersamaan dengan darah (aterosklerosis), hal ini dapat mengakibatkan dampak yang serius yaitu serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian secara tiba-tiba. Penyumbatan pembuluh darah arteri dikarenakan 2 faktor yaitu:

  1. Karena adanya plak atau gumpalan yang menumpuk di dalam saluran pembuluh darah arteri koroner (aterosklerosis). Plak ini menumpuk karena kolesterol dalam kadar melebihi batas. Mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.
  2. Pembuluh darah arteri koroner mengalami penyempitan. Hal ini terjadi karena radikal bebas yang membawa ion jahat ke dalam tubuh membuat sel-sel pembuluh darah mati.

Gejala penyakit jantung koroner

Gejala umum yang dirasakan penderita penyakit jantung koroner adalah sebagai beikut:

  1. Rasa sakit pada bagian tubuh tertentu seperti dada, bagian lengan, leher, punggung, serta bagian rahang.
  2. Nafas terasa sesak
  3. Pada kasus tertentu leher terasa sangat sakit seperti orang tercekik.
  4. Rasa sakit pada ulu hati
  5. Sering terasa kembung padahal bukan karena masuk angin
  6. Sering mengalami pening

Coba periksakan ke dokter bila anda sering mengalami gejala seperti di atas untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan.

Penyebab terjadinya jantung koroner

  1. Karena polusi lingkungan yang membawa radikal bebas masuk ke dalam tubuh.
  2. Pola hidup yang tidak sehat.
  3. Tidak ada kegiatan berolahraga
  4. Gemar mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi
  5. Karena faktor usia.
  6. Menopause pada wanita
  7. Pecandu rokok
  8. Pecandu narkoba
  9. Pemabuk
  10. Terlalu banyak masalah yang menimbulkan stres yang berlebih.
  11. Memiliki penyakti diabetes
  12. Memiliki riwayat darah tinggi.

Radikal bebas dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh apabila anda sering melakukan hal diatas. Mulailah meninggalkan hal buruk yang dapat merugikan diri anda sendiri dan menerapkan pola hidup sehat.

Pencegahan penyakit jantung koroner

    1. >Menjaga kebersihan. Dimulai dari diri sendiri dan diterapkan pada lingkungan sekitar dengan menjaganya serapi dan sebersih mungkin. Lingkungan yang kotor memudahkan radikal bebas dan bakteri jahat bersarang.
    2. Lebih teliti memilih makanan yang dikonsumsi. Cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah, dan kurangi makanan berkolesterol tinggi.
    3. Melakukan aktivitas fisik. Misalnya olahraga tiap hari Minggu secara tetatur. Hal ini dapat membuat tubuh lebih berstamina dan menyehatkan organ jantung.
    4. Kurangi mengonsumsi makanan kaleng yang mengandung bahan pengawet dan pewarna berbahaya.
    5. Makanlah gorengan seminimal mungkin. Makanan yang digoreng dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan tidak baik untuk jantung. Lebih baik makan makanan yang direbus, dipanggang, atau dikukus.
    6. Kurangi penggunaan mentega selama memasak.
    7. Berhenti merokok. Terlalu banyak bahan kimia berbahaya yang terkandung di dalam rokok. Bahan kimia tersebut tidak hanya merusak jantung tetapi juga organ lainnya.
    8. Periksa tekanan darah secara berkala.
    9. Pertahankan berat tubuh ideal. Hindari makan terlalu banyak sehingga tidak terjadi obesitas.
    10. Sesekali anda harus melakukan relaksasi untuk mengatasi stres yang anda alami.

 

Artikel Terkait

  • Obat Herbal Gagal Jantung

    Gagal Jantung dalam istilah medisnya disebut dengan Heart Failure atau Cardiac Failure, adalah keadaan darurat medis ...

  • Kesehatan Jantung

    Organ  pokok yang memegang kendali peredaran darah didalam tubuh adalah jantung. Jika jantung mengalami masalah, tent...

  • Inilah Ragam Makanan Sehat Untuk Jantung

    Kita sering mendengar tentang makanan yang harus dihindari agar jantung tetap sehat, seperti daging merah dan garam. ...

Karyawan baru Istana