Kenali Juga Manfaat Jarak Cina Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk manfaat jarak cina

Jarak cina atau nama ilmiahnya Jatropha multifida Linn. Tanaman semak ini dapat hidup bertahun-tahun, dan tinggi pohon mencapai 2 meter atau lebih. Seluruh bagian tanaman ini mengandung getah, terutama daun dan tangkainya. Daun jarak cina berbentuk malai atau mirip jari tangan dengan ujung lancip dan berwarna hijau. Bunga majemuk keluar dari ujung cabang tanaman, dengan warna merah. Sedangkan biji jarak cina mengalami perubahan warna dari putih saat muda, menjadi coklat ketika biji telah tua. Bentuk biji ini cenderung oval.

Daun jarak cina memiliki beberapa manfaat kesehatan. Salah satu khasiat tanaman ini yang diketahui oleh banyak orang misalnya sebagai obat luka. Tanaman obat ini memiliki nama lain seperti daun yodium, balacai batai, atau jarak tintir. Kini, daun jarak cina banyak dikembangkan di seluruh penjuru dunia, disebabkan sifat farmakologis yang ada di dalamnya.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Jarak Cina memiliki rasa agak pahit dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam jarak cina, di antaranya α-amirin, kampesterol, 7α-diol, stigmasterol, β-sitosterol dan HCN. Selain itu, batangnya mengandung alkaloid, saponin, flavonoid, dan tanin. Efek farmakologis jarak cina, antara lain penurun panas, anti-inflamasi, dan menghambat pendarahan.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Biji, daun, dan getah jarak cina dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  • Bengkak Terpukul, Terkilir, Tulang Patah, dan Luka Berdarah.

    Cuci bersih 7 helai daun segar jarak cina, tumbuk sampai hancur, lalu tambahkan sedikit air sampai membentuk adonan. Borehkan adonan jarak cina ke bagian yang sakit.

  • Luka Berdarah.

    Oleskan getah batang atau daun jarak cina pada bagian luka baru.

  • Mencegah dan Mengobati Kerusakan Gigi.

    Tumbuk 1 butir biji jarak cina sampai halus lalu seduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin, gunakan air seduhan untuk berkumur selama 3-5 menit. Lakukan secara rutin 3 kali sehari.

Nah itulah, manfaat jarak cina untuk kesehatan. Selain jarak pagar, jarak cina juga memiliki manfaat yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Semoga artikel tentang jarak cina bermanfaat juga ya.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang, / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320.

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo