Jarak Wulung - Tanaman Berkhasiat Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk manfaat jarak ulung

Jarak wulung atau Jatropha Gossypipolia L. merupakan tanaman perdu yang dapat digunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit, seperti demam, buang air besar, dan lainnya. Jarak wulung sering ditanam sebagai pagar dan pembatas lahan di wilayah pedesaan. Mungkin sedikit orang saja yang mengetahui jarak wulung bagi kesehatan.

Awalnya tanaman ini berasal dari Amerika Selatan, kemudian bijinya menyebar ke seluruh wilayah termasuk Indonesia. Tanaman jarak wulung dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah, yang banyak curahan sinar matahari.

Pohonnya dapat berusia tahunan, yang tumbuh tegak dan tingginya mencapai sekitar 2 meter di atas tanah. Batang tanaman ini memiliki getah yang mengandung sabun. Daun jarak wulung berwarna ungu hingga kecoklatan, ujungnya runcing. Bunga jarak ulung berwarna ungu berbentuk kerucut, muncul dari ujung batangnya. Buah jarak wulung memiliki tiga kendaga berbentuk oval, warnanya hijau saat muda dan menghitam ketika matang. Biji tanaman berbentuk bulat berwarna coklat agak hitam. Dalam bijinya tersimpan minyak yang dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk lampu.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Sifat jarak wulung belum banyak diketahui, tetapi bahan kimia jarak wulung yang diketahui, antara lain alkaloid, tanin, kalsium oksalat, dan sulfur pectic substans. Selain itu, minyak dari biji jarak wulung mengandung co-carcinogenic esters dari 12-deoxy-16-hydroxyphorbol yang berfungsi sebagai antikanker. Efek farmakologis yang dimiliki oleh jarak wulung, di antaranya sebagai pencahar dan menghilangkan nafsu makan.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun dan biji jarak wulung dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  • Mengobati Bengkak Terpukul dan Penyakit Kulit.

    Cuci 3-4 helai daun segar jarak wulung sampai bersih, olesi dengan minyak kelapa, lalu panaskan di atas api sampai layu. Tempelkan daun pada perut saat masih hangat.

  • Mengobati Demam.

    Cuci 10-15 helai daun segar jarak wulung sampai bersih, rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih, gunakan air rebusan untuk mandi.

  • Mengatasi Susah Buang Air Besar.

    Cuci bersih 20 butir biji jarak wulung, sangrai, lalu tumbuk sampai halus. Seduh hasil tumbukan dengan 1 cangkir air panas, lalu minum sekaligus 1 cangkir sehari.

Itulah manfaat yang dapat di ambil dari tanaman jarak wulung. Seperti halnya, jarak pagar dan jarak cina, tanaman jarak wulung tidak kalah hebatnya untuk masalah kesehatan

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang, / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320.

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo