Mengungkap Manfaat Tanaman Jarak Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk manfaat jarak

Jarak Pagar

Tanaman jarak pagar (Jatropha curcas) merupakan tumbuhan hijau yang tumbuh subur di berbagai musim dan temppat, asalkan bukan di perairan. Biasanya tumbuh di alam liar maupun tumbuh tidak terawat di alam bebas, maksudnya ialah di tanah yang tidak subur. Tanaman Jarak ini belum banyak yang mengetahui khasiatnya. Padahal, jika ditelusuri secara mendalam dan lebih detail, tanaman Jarak memiliki manfaat yang ajaib bagi kehidupan. Tanaman jarak dapat digunakan sebagai pengobatan secara alami yang dapat membantu dalam pemenuhan kesehatan pada diri manusia. 

Beberapa waktu lalu kita dihebohkan dengan sebuah penemuan bahwa minyak biji jarak dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Tentu saja hal ini masih perlu kajian lebih lanjut untuk dapat menggantikan posisi barang tambang, minyak yang masih sangat dibutuhkan. Tapi yang jelas, sejak zaman dahulu kala nenek moyang kita sudah memanfaatkan pohon jarak pagar untuk pengobatan tradisional. Hampir semua bagian dari pohon jarak dapat berguna dari mulai akar, getah, daun hingga biji buah jarak.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

 Jarak Pagar Memiliki rasa pahit dan bersifat sejuk, tetapi bijinya sangat beracun. Beberapa bahan kimia dalam jarak pagar, antara lain α-amirin, kampesterol, stigmasterol, β-sitosterol,7-keto-sitosterol,dan HCN. Sementara itu, efek farmakologis yang dimiliki oleh jarak pagar, di antaranya melancarkan darah (stagnant blood dispelling), menghilangkan bengkak, menghentikan pendarahan, dan menghilangkan gatal (anti-pruritic).

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun segar dari jarak pagar dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  • Mengobati Bengkak Terpukul, terkilir, Patah Tulang, dan Luka Berdarah.

    Cuci 7 helai daun segar sampai bersih, tumbuk sampai hancur, tambahkan sedikit air sampai menjadi adonan, lalu borehkan ke bagian yang sakit. Jika diperlukan, borehkan 3 kali sehari.

  • Mengatasi Masalah Gatal-Gatal, Eksem, dan Jamur di Kaki.

    Panaskan 3-5 helai daun segar jarak pagar di atas api sampai menjadi layu dan lemas. Remas-remas daun layu lalu tempelkan di bagian yang sakit.

  • Mengobati Lepra.

    Cuci 9 helai daun segar jarak pagar sampai bersih, tumbuk sampai hancur, tambahkan sedikit air sampai menjadi adonan, borehkan kebagian yang sakit, lalu balut dengan kain atau perban. Cuci bagian yang terkena lepra dengan rebusan air daun sirih atau alkohol, ganti ramuan, lalu balut kembali. Lakukan secara rutin 2 kali sehari.

  • Penyubur Rambut.

    Basahi kulit kepala dengan minyak jarak pagar sambil dipijat. Lakukan seminggu seklai dengan cara yang sama.

  • Mengobati Rematik.

    Cuci 10 helai daun segar jarak pagar sampai bersih, tumbuk sampai hancur, tambahkan sedikit air sampai menjadi adonan, lalu borehkan ke bagian yang sakit. Jika diperlukan, borehkan 3 kali sehari.

Catatan :

  • Minyak jarak pagar dapat dibeli di apotik atau toko obat.
  • Biji jarak pagar sangat beracun, karena itu pamakaiannya harus berhati-hati.
  • Untuk menghilangkan racun, sebaiknya biji disangrai dahulu.
  • Wanita hamil dilarang minum ramuan dari jarak pagar.

Baca juga artikel:

Kenali Juga Manfaat Jarak Cina Untuk Kesehatan 

Jarak Wulung - Tanaman Berkhasiat Untuk Kesehatan

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang, / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320.

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

 

Artikel Terkait

online istana solo