Manfaat Jati Belanda Untuk Kesehatan Tubuh

Hasil gambar untuk manfaat jati belanda

Guazuma Ulmifolia adalah nama lain untuk jati Belanda, dan termasuk ke dalam suku tanaman Sterculiaceae. Tanaman ini dikenal juga sebagai tanaman herbal atau tanaman obat. Daun jati Belanda sudah sering dibuat menjadi jamu pelangsing tubuh, serta umumnya dibuat menggunakan rupa teh. Nama lainnya dari jati Belanda selain Guazuma Ulmifolia, seringkali disebut juga dengan nama Guazuma ulmifolia Lamk. Sementara di pulau Jawa, jati Belanda sering disebut sebagai jatos landi atau jati londa.

Manfaat daun jati belanda ini memeang sudah terbukti, antara lain kehebatannya menurunkan berat badan sampai mengendalikan tingkat kolesterol darah. Sudah sedari dahulu masyarakat Jawa menggunakan daun jati belanda untuk jamu peramping tubuh yang sering disebut ja,u “galian singset”. Beberapa studi menunjukan bila daun jati belanda ini memang berkhasiat melangsingkan badan.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Sifat dari jati belanda belum banyak diketahui. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam jati belanda, anatara lain asam dammar, zat samak, zat pahit, glikose, dan minyak lemak. Sementara itu, efek farmakologis yang dimiliki oleh jati belanda, di antaranya antidiare, astringen, dan menguruskan badan.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatanya

Daun, biji, dan kulit dalam jati belanda dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  • Mengobati Kolera, Sakit Perut dan Diare. Sangria biji jati belanda secukupnya, tumbuk sampai menjadi bubuk, lalu simpan dam toples. Rebus 1 sendok the bubuk biji jati belanda dengan 1,5 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya, dinginkan, lalu minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.
  • Mengobati Penyakit kaki Gajah dan Obesitas (kegemukan).

    Cuci 7 lembar daun jati belanda dengan sepotong rimpang bengle. Rebus bahan tersebut dengan 1,5 gelas air sampai tersisa 1 gelas lalu dinginkan. Saring air rebusannya lalu minum pagi dan sore, masing-masing setengah gelas.

Ternyata tanaman jati belanda banyak kegunaannya bagi tubuh.

Setelah mengetahui sejumlah manfaat jati belanda diatas, apakah ada yang cocok bagi keluhan kesehatan Anda? Mungkin Anda sedang mengalami sakit perut atau kembung, tidak ada salahnya untuk mencoba herbal jati belanda ini.

Salam Sehat

 

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Daun Jati Belanda

    Manfaat Jati Belanda Untuk Kesehatan Tanaman jati Belanda dikenal sebagai tanaman herbal atau obat. Bagian yang serin...

online istana solo