Jengger Ayam-Tumbuhan Berkhasiat Sangat Besar

Hasil gambar untuk manfaat tumbuhan jengger ayam

Ada yang tahu istilah 'Jengger ayam'? Tapi yang ini bukan jengger ayam dalam artian jengger pada hewan ayam, Jengger ayam merupakan salah satu tanaman herbal berkhasiat. Ciri khas dari tanaman ini ialah bagian bunganya yang berbentuk seperti jengger yang ada pada kepala ayam jago. Tanaman ini dikenal dengan banyak nama seperti Rangrang jangang, Langgelo, Laya, Sapiri manu, Jawer kotok, dan lainnya.

Jengger ayam (Celosia cristata), tanaman ini bukan termasuk sebagai tanaman liar semenjak banyak orang yang sengaja menanam tanaman ini dipekarangan rumahnya. Tanaman dengan bunga berumpun ini memiliki manfaat dan khasiat sebagai tanaman herbal yang ampuh mengobati bermacam-macam penyakit.

Khasiat jengger ayam memang sudah dikenal cukup baik bagi kesehatan. Meski sebagian orang tidak memaksimalkan dan hanya menganggap tumbuhan ini sebagai tanaman hias. Padahal jika dipelajari lebih lanjut, tanaman jengger ayam berfungsi sebagai obat herbal yang bisa dijadikan alternative untuk pengobatan tradisional. Untuk sekedar menambah wawasan dan pengetahuan mengenai apotek hidup, mari kita baca manfaat apa aja yang dapat di ambil dari tanaman ini.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Jengger ayam memiliki rasa manis dan bersifat sejuk. Bebrapa bahan kimia yang terkandung dalam jengger ayam, anatara lain amaranthin, minyak lemak, kaemferitrin, dan pinitol. Semantara itu, efek farmakologis jengger ayam, di antaranya masuk meridian lever dan ginjal, antiradang, mengehntikan pendarahan, menghentikan keputihan, serta menerangkan penglihatan.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian yang dapat digunakan sebagai obat adalah bunganya, baik segar maupun kering. Jika ingin disimpan maka bunga sebaiknya dijemur terlebih dahulu. Bagian tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  • Mengobati Batuk Darah (hemoptysis), Mimisan (epistaxis), dan Muntah Darah (hematemesis).

    Rebus 15gr bunga jengger ayam dengan 30gr akar rimpang terate (Nelumbium nelumbo Druce) dan 15gr urang aring (Eclipta prostate) dalam 3 gelas air. Setelah airnya tersisa 1 gelas, minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  • Mengobati Disentri.

    Rebus 10gr tumbuhan jengger ayam dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas, dinginkan, lalu saring. Minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing 1 gelas. Lakukan secara rutin dan sampai sembuh.

  • Mengatasi Keputihan dan Infeksi Saluran Kencing.

    Rebus 15gr tumbuhan dengan 4 gelas air sampai airnya tersisa 2 gelas, dinginkan, lalu saring. Minum air rebusannya 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

  • Mengobati Wasir Berdarah.

    Cuci bersih 15gr bunga jengger ayam, 30gr akar rimpang teratai (Nelumbium nelumbo Druce.), dan 15gr urang aring (Eclipta Prostata). Rebus semua bahan dengan 3 gelas air. Setelah airnya tersisa 1 gelas, minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  • Mengobati Pendarahan Rahim Saat Tidak Haid.

    Cuci bersih 15gr bunga jengger ayam dan 30gr umbi daun dewa. Rebus kedua bahan dengan 2 gelas air. Setelah airnya tersisa 1 gelas, minum sekaligus 1 gelas sehari.

 Demikianlah artikel tentang manfaat dan khasiat dari tumbuhan jengger ayam. Semoga dapat menambah wawasan Kita tentang apotek hidup yaa. Baca artikel kesehatan lainnya.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo