Jengkol, Manfaat dan Efek Samping

Hasil gambar untuk jengkol

Jengkol merupakan salah satu jenis tumbuhan yang terdapat di wilayah Asia Tengara. Tumbuhan yang memiliki nama latin Archidendron Pauciflorum ini, masih tergolong dalam tanaman polong-polongan. Berbentuk gepeng membentuk spiral, warna kulit luarnya cokelat tua mengkilap dan dilapisi kulit ari tipis. Buah dalamnya berwarna putih kekuningan agak kecoklatan.

Buah ini memiliki bau yang tidak sedap dan aroma yang menyengat. Sehingga tidak begitu disukai orang-orang. Orang yang mengonsumsi jengkol apalagi yang masih mentah akan memiliki urin dan mulut yang berbau tidak sedap. Walaupun begitu masih banyak orang yang menggemari makanan ini dengan menjadikannya lalapan mentah atau mengolahnya menjadi suatu masakan. Sehinga dapat menjadi masakan yang lezat dengan dikombinasikan dengan rempah –rempah.

Jengkol ternyata memiliki manfaat yag begitu besar bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat jengkol yang sudah diteliti oleh ahli.

  1. Melancarkan buang air besar atau sebagai obat cuci perut alami.
  2. Mencegah diabetes atau kencing manis.
  3. Mencegah risiko terkena penyakit jantung koroner.
  4. Membuang racun-racun berbahaya.

Meskipun demikian, jengkol juga membawa efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Efek samping tersebut antara lain:

  1. Menyebabkan susah buang air kecil disertai rasa nyeri saat buang air kecil. untuk mengatasinya anda disarankan minum air putih yang banyak.
  2. Mengonsumsi jengkol sudah pasti akan menyebabkan bau mulut dan air seni yang bau sat buang air kecil.
Karyawan baru Istana